Tidak Perlu ke Luar Angkasa, Ini Tempat-tempat di Bulan yang Bisa Dilihat dari Bumi

Senin, 05 September 2022 - 21:00 WIB
loading...
Tidak Perlu ke Luar Angkasa, Ini Tempat-tempat di Bulan yang Bisa Dilihat dari Bumi
Sebanyak 13 laut atau mare yang ada di bulan bisa terlihat dari bumi tanpa bantuan alat khusus. Foto/The Planetary
A A A
JAKARTA - Tidak perlu ke luar angkasa, ternyata ada beberapa tempat di bulan yang bisa dilihat dari bumi. Ya, bulan merupakan objek luar angkasa yang paling dekat dengan bumi.

Satelit alami itu hanya berjarak 384.400 kilometer dengan bumi. Tidak heran jika setiap manusia dapat dengan mudah melihat bulan.

Bahkan terkadang ada beberapa momen istimewa yang membuat ukuran bulan menjadi sangat besar. Momen-momen itu membuat manusia bisa dapat dengan mudah mengenali beberapa tempat di bulan.

The Planetary Society bahkan membuat peta khusus yang menampilkan beberapa bagian dari bulan. Jadi Anda bisa melupakan bahwa ada gambar kelinci di bulan seperti yang pernah kita dengar dulu.

"Kami membuat panduan yang bisa Anda pegang untuk mengenal tempat-tempat di bulan. Silahkan temukan tempat-tempat ini tanpa bantuan alat khusus



Tidak Perlu ke Luar Angkasa, Ini Tempat-tempat di Bulan yang Bisa Dilihat dari Bumi


Nah, berikut ini titik-titik di bulan yang bisa Anda pandangi langsung. Selamat berburu!

1. Mare Frigoris

Mare Frigoris adalah kuda lunar di ujung utara bulan. Itu terletak di lingkaran luar cekungan Procellarum, tepat di utara Mare Imbrium, dan membentang dari timur ke utara Mare Serenitatis.

2. Mare Imbrium

Mare imbrium merupakan salah satu mare berukuran besar yang berada di bulan. Berukuran diameter 1.145 km, mare ini menutupi permukaan bulan dengan dataran yang sangat landai. Dari bumi, orang dapat melihat mare ini dengan penampakannya yang tampak gelap.

3. Oceanus Procellarum

Oceanus Procellarum artinya lautan badai (ocean of storm). Letaknya di lintang utara sisi bulan yang menghadap ke bumi. Laut terbesar ini terlihat seperti permukaan gelap yang luas di satelit alami bumi itu. Seperti laut lainnya di bulan, laut ini terjadi aliran lava yang telah membeku.

4. Mare Insularum

Mare Insularum atau Laut Kepulauan. Pertama kali nama ini dikenalkan pada 1976. Mare Insularum mencakup area dengan diameter sekitar 900 km. Pusatnya terletak kira-kira di antara dua kawah Kepler dan Encke (di sebelah barat) dan Sinus Aestuum (di sebelah timur).

5. Mare Serenitatis

Mare Serenitatis atau Sea of Serenity jika diterjemahkan secara bebas adalah laut kedamaian atau ketenangan. Mare Serenitatis adalah sebuah mare bulan yang terletak di sebelah timur Mare Imbrium di bulan.

6. Mare Vaporum

Mare Vaporum adalah terletak di antara tepi barat daya Mare Serenitatis dan tepi tenggara Mare Imbrium. Itu dinamai oleh Giovanni Battista Riccioli pada tahun 1651.

7. Mare Tranquillitatis

Mare Tranquillitatis adalah mare lunar yang berada dalam cekungan Tranquillitatis di bulan. Bahan mare dalam cekungan terdiri dari basalt yang terbentuk di antara kelompok usia muda zaman Upper Imbrian. Sekitar gunung dianggap dari zaman Lower Imbrian, tetapi cekungan yang sebenarnya mungkin Pre-Nectarian.

8. Mare Crisium

Mare Crisium adalah sebuah mare bulan yang terletak di cekungan Crisium di bulan, sebelah timur laut Mare Tranquillitatis. Cekungan ini berasal dari periode Pre-Imbrian, 4.55 sampai 3.85 miliar tahun lalu.

9. Mare Fecundutatis

Mare Fecunditatis atau Laut Kesuburan, adalah salah satu mare utama. tempat ini adalah cekungan dampak besar berisi lava berukuran 600x500km, meliputi 325.000 kilometer persegi. Dalam persamaan bumi , Mare Fecunditatis tidak jauh berbeda dengan Laut Kaspia.



Tidak Perlu ke Luar Angkasa, Ini Tempat-tempat di Bulan yang Bisa Dilihat dari Bumi


10. Mare Nectaris

Mare Nectaris adalah laut yang terletak di selatan Mare Tranquillitatis di barat daya Mare Fecunditatis, di sisi dekat bulan. Luasnya 84.000 kilometer persegi.

11. Mare Nubium

Mare Nubium atau lautan awan diyakini merupakan tempat terindah di bulan. Pasalnya mare ini dikelilingi oleh beberapa kawah di bulan yakni Tycho, Copernicus dan Byrgius.

12. Mare Cognitum

Mare Cognitum adalah sebuah mare yang terletak di sebuah cekungan atau kawah besar di lingkaran kedua Oceanus Procellarum. Di sebelah barat laut mare ini terdapat untaian pegunungan Montes Riphaeus, bagian dari pinggiran kawah atau cekungan lama tempat mare ini berada.

13. Mare Humorum

Mare Humorum atau Lautan Kelembaban, adalah fitur melingkar yang tampak diperpendek menjadi oval jika dilihat dari bumi.
(wsb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2066 seconds (0.1#10.140)