Pertama Kali Bangkai Kapal Titanic Terekam Sangat Detail, Ilmuwan Gunakan Video 8K dan Laser

Selasa, 06 September 2022 - 12:23 WIB
loading...
Pertama Kali Bangkai Kapal Titanic Terekam Sangat Detail, Ilmuwan Gunakan Video 8K dan Laser
Untuk pertama kali OceanGate Expeditions merilis rekaman bangkai kapal Titanic dengan definisi tinggi 8K sehingga menampilkan detail yang sangat jelas. Foto/popularmechanics
A A A
WASHINGTON - Untuk pertama kali OceanGate Expeditions merilis rekaman bangkai kapal Titanic dengan definisi tinggi 8K sehingga menampilkan detail yang sangat jelas. Bahkan teknologi baru ini dapat menangkap laju peluruhan tersebut dengan lebih baik berkat kemampuan video 8K .

Video itu diunggah OceanGate Expeditions di YouTube pada Selasa (6/9/2022), mengungkap tingkat detail dan warna baru dari bangkai kapal Titanic terkenal dalam sejarah. Para ilmuwan juga menggunakan sistem penskalaan laser bersama dengan video, sehingga dapat menentukan ukuran objek.

“Detail menakjubkan dalam rekaman 8K akan membantu tim ilmuwan dan arkeolog maritim kami mengkarakterisasi pembusukan Titanic lebih tepat saat kami merekam rekaman baru pada tahun 2023 dan seterusnya,” kata Stockton Rush, presiden Ekspedisi OceanGate, dikutip SINDOnews dari laman popularmechanics.



Selama delapan hari Ekspedisi Titanic 2022, membandingkannya dengan video dari tahun 2021. Selama penyelaman, kapal selam Titan membantu tim ilmuwan, untuk menilai bangkai kapal melalui pengamatan langsung.

Kapal selam kecil ini, memandu eksplorasi melalui berbagai fitur bangkai kapal, dan membantu meningkatkan gambar tentang bangkai kapal. “Mengambil rekaman 8K ini akan memungkinkan kami untuk memperbesar dan tetap memiliki kualitas 4K,” tambah Rush.

Dalam rekaman tampak detail baru dari kapal Titanic yang karam mulai terungkap, seperti nama Noah Hingley & Sons Ltd. yang terlihat jelas di jangkar sisi pelabuhan. PH Nargeolet, pilot kapal selam Nautile dan penyelam Titanic, menjelaskan di awal video dapat terlihat derek yang digunakan untuk memasang jangkar seberat 15 ton dan belenggu yang sekarang runtuh ketika awalnya dipasang pada tiang utama.



Video kemudian menunjukkan tiga struktur bundar di sepanjang bagian dalam pagar yang merupakan triple fairleads yang digunakan untuk memberi makan tali dok ke bollard di pantai. Rekaman itu menawarkan pemandangan haluan Titanic, jangkar sisi kiri, lambung No. 1, rantai jangkar seberat 200 pon, ruang kargo No. 1, dan kaptan perunggu padat.
Pertama Kali Bangkai Kapal Titanic Terekam Sangat Detail, Ilmuwan Gunakan Video 8K dan Laser


Menggunakan sistem penskalaan laser saat berada di kapal selam Titan, kru dapat secara akurat menentukan ukuran objek yang mereka lihat di kamera melalui area pandang utama kapal selam. Video ini mungkin juga berguna untuk mengidentifikasi spesies yang diamati di dalam dan di sekitar Titanic dan bagi para arkeolog untuk mendokumentasikan unsur-unsur bangkai kapal dan puing-puing secara lebih rinci.

Tentu saja, video 8K yang murni juga menawarkan kepada penggemar sejarah dan penggemar Titanic cara untuk menjelajahi bangkai kapal dengan detail yang lebih besar. OceanGate Expeditions juga mengharapkan video tersebut membantu menentukan tingkat peluruhan Titanic dengan membandingkan rekaman setiap tahun.

“Sangat menarik bahwa, setelah bertahun-tahun, kami mungkin telah menemukan detail baru yang tidak begitu jelas dengan teknologi kamera generasi sebelumnya,” kata Rory Golden, ahli dan penyelam OceanGate Expeditions Titanic.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3153 seconds (0.1#10.140)