Beginilah Cara Ular Mencerna Makanan Tanpa Mengunyah

Rabu, 07 September 2022 - 15:55 WIB
loading...
A A A
Ketika ular memangsa makanan mereka akan meningkatkan sistem metabolismenya hingga 2 sampai 3 kali lipat. Hewan ini akan memperkuat otot jantung dan sistem peredaran darah untuk membantu memompa lebih banyak darah dan meningkatkan sistem pencernaan.

Baca juga : 9 Jenis Ular Paling Berbahaya di Dunia

Begitu mangsa memasuki perut dalam rentang beberapa jam, pH lambung turun dari 7,5 menjadi 2 dan kemudian menjadi 1,5. Pada proses ini hewan besar seperti kijang atau bahkan buaya akan dicerna dengan otot perut yang akan terus mengocok mereka sama halnya dengan kerja gigi pada manusia.

Perut ular ini akan terus mencerna makannya selama beberapa hari atau bahkan minggu tergantung pada ukurannya.

Pencernaan yang selama beberapa minggu ini ternyata membutuhkan banyak energi karena ular harus terus menerus mengeluarkan enzim dan zat asam untuk membantunya.

Ular juga akan meningkatkan asupan oksigen nya ke tingkat yang sama seperti manusia yang sedang berlari. Hal ini juga menempatkan ular pada posisi yang rentan.

Karena makanan yang besar ini akan mengurangi fleksibilitas gerak ular nantinya sehingga mudah untuk diburu.

Kelemahan lain adalah ketika ular menelan mangsa yang memiliki tanduk, ini nantinya dapat merusak organ dalamnya. Mencoba memakan sesuatu yang terlalu besar juga dapat membuat sistem pencernaan ular hancur.

Kemudian setelah mencerna makanan yang berukuran besar ular akan biasanya akan menjaga diri mereka agar tetap hangat supaya tidak terkena infeksi dari bakteri akibat pembusukan makanan di dalam tubuhnya.
(bim)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2531 seconds (0.1#10.140)