Makin Sulit Dibendung, Dalam 2 Jam China Luncurkan 2 Satelit dengan Misi Rahasia

Rabu, 07 September 2022 - 17:05 WIB
loading...
Makin Sulit Dibendung, Dalam 2 Jam China Luncurkan 2 Satelit dengan Misi Rahasia
Kemajuan China dalam eksplorasi luar angkasa semakin sulit dibendung. Terkini China sukses meluncurkan dua satelit ke orbit hanya dalam waktu 2 jam. Foto/Space.com
A A A
BEIJING - Kemajuan China dalam eksplorasi luar angkasa semakin sulit dibendung. Terkini China sukses meluncurkan dua satelit ke orbit hanya dalam waktu 2 jam. Total sepanjang 2022, China sudah meluncurkan 37 misi ke luar angkasa.

Dua peluncuran terbaru dimulai pada Selasa 6 September 2022 pukul 10:24 waktu Beijing. Sebuah roket padat Kuaizhou-1A lepas landas dari Pusat Peluncuran Satelit Jiuquan di barat laut China.

Menurut SpaceNews roket itu berhasil dikirim ke orbit dua satelit uji untuk Beijing Future Navigation Technology Co. Ltd. Pesawat ruang angkasa, yang dikenal sebagai CentiSpace-1-S3 dan 1-S4, bertugas memeriksa berbagai teknologi, termasuk meningkatkan kemampuan navigasi.



Misi kedua lepas landas Selasa 6 September pukul 12:19 waktu Beijing) dari Pusat Peluncuran Satelit Xichang di Provinsi Sichuan, di bagian barat daya China. Pada peluncuran itu, roket Long March 2D membawa tiga satelit penginderaan jauh Yaogan-35, kelompok satelit triplet kelima yang mencapai orbit.

“Satelit akan digunakan terutama untuk melakukan eksperimen ilmiah, survei sumber daya lahan, estimasi hasil produk pertanian dan pencegahan dan pengurangan bencana," tulis penyiar China CCTV dalam deskripsi misi singkat dikutip SINDOnews dari laman Space.com, Rabu (7/9/2022).

Namun, China mungkin melakukan misi yang lebih besar lagi. Pakar Barat berpikir jaringan satelit Yaogan-35 kemungkinan melakukan pengintaian untuk militer China.


Makin Sulit Dibendung, Dalam 2 Jam China Luncurkan 2 Satelit dengan Misi Rahasia


Peluncuran Senin malam adalah yang ke-17 untuk Kuaizhou-1A, yang dioperasikan oleh perusahaan milik negara Expace. Lepas landas Selasa pagi adalah yang ke-436 hingga saat ini untuk keluarga Long March.

Menurut SpaceNews, China kini telah meluncurkan 37 misi orbital sejauh ini pada tahun 2022. Jumlah itu cukup banyak, hanya selisih sedikit dari kecepatan SpaceX. Perusahaan Elon Musk sudah 40 meluncurkan misi ke luar angkasa tahun ini, 26 di antaranya mengirim sejumlah besar satelit internet Starlink SpaceX ke orbit.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1905 seconds (0.1#10.140)