Bulan Simpan Pesan Berharga Ratu Elizabeth II tentang Ekspedisi Luar Angkasa

Senin, 12 September 2022 - 06:00 WIB
loading...
Bulan Simpan Pesan Berharga Ratu Elizabeth II tentang Ekspedisi Luar Angkasa
Ratu Elizabeth II menggelar acara khusus untuk menjamu tiga astronot Apollo 11 yakni Neil Armstrong, Edwin Aldrin dan Michael Collins. Foto/Dailymail.
A A A
JAKARTA - Bulan ternyata menyimpan pesan berharga Ratu Elizabeth II tentang ekspedisi luar angkasa. Pesan itu dibawa ke bulan saat misi pesawat luar angkasa Apollo 11 dilakukan pada 16 Juli 1969.

Saat itu astronot NASA yakni Neil Armstrong, Edwin Aldrin dan Michael Collins membawa cakram silikon khusus yang memang akan ditaruh di bulan. Cakram silikon khusus itu berisi pesan-pesan penting tokoh penting dunia. Salah satunya adalah pesan dari Ratu Elizabeth II. Diketahui saat itu ada 73 tokoh dunia yang menuliskan pesan khusus mengenai misi Apollo 11 .

Dalam cakram silikon khusus itu Ratu Elizabeth II menuliskan pesan yang cukup singkat. Pesan itu berisi mengenani kekaguman Ratu Elizabeth II akan semangat Amerika Serikat yang bekerja keras mengirimkan manusia ke bulan.



Bulan Simpan Pesan Berharga Ratu Elizabeth II tentang Ekspedisi Luar Angkasa


"Atas nama rakyat Inggris, saya salut dengan keterampilan dan keberanian yang telah membawa manusia ke bulan. Semoga usaha ini menambah pengetahuan dan kesejahteraan umat manusia," tulis Ratu Elizabeth II.

Pesan dari Ratu Elizabeth II dan puluhan tokoh dunia itu kemudian ditinggalkan di bulan. Seluruh pesan dimodifikasi dengan teknologi khusus menyesuaikan dengan ruangan cakram silikon. Selain itu ukuran pesan juga diperkecil agar dapat muat dalam cakram silikon.



Bulan Simpan Pesan Berharga Ratu Elizabeth II tentang Ekspedisi Luar Angkasa


Disebutkan Daily Mail, Ratu Elizabeth II memiliki dukungan yang besar dalam upaya manusia terbang ke luar angkasa. Tidak hanya pernah mengapresiasi keberhasilan Neil Armstrong dan kawan-kawan ke bulan. Dia juga pernah bertemu dengan kosmonot uni Soviet Yuri Gagarin pada 14 Juli 1961 yang berhasil mencatatkan sejarah sebagai orang pertama yang mengunjungi luar angkasa.

Dukungan yang luar biasa itu bahkan dirasakan oleh salah satu rekan Neil Armstrong yang masih hidup hingga kini, Edwin Aldrin. Dalam cuitannya di twitter resmi miliknya, dia bercerita Ratu Elizabeth II pernah menyambut mereka secara khusus setelah balik dari bulan.

"Dia seorang pemimpin yang ramah, wanita, dan tuan rumah kami saat kembali dari bulan. Atas nama kru Apollo 11, semoga Tuhan memberkati Keluarga Kerajaan. Belasungkawa yang tulus," cuit Edwin Aldrin.
(wsb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1740 seconds (0.1#10.140)