9 Mineral Paling Mahal di Dunia, Afghanistan Punya Harta Karun Tak Ternilai

Rabu, 14 September 2022 - 21:08 WIB
loading...
A A A
Berlian secara komersial adalah mineral yang paling populer dalam perdagangan perhiasan dunia. Berlian putih sudah cukup populer, namun yang paling mahal adalah berlian merah dan berlian merah muda. Nilai rata-rata mineral yang prestisius dan memikat ini adalah sekitar USD55.000 per gram.

Baca juga; Berlian Hitam dari Luar Angkasa, Harganya Menembus Langit

Berlian secara umumnya kerap digunakan sebagai permata pada cincin pernikahan atau pertunangan yang mahal di dunia. Namun, berlian juga banyak digunakan sebagai mata bor, gergaji, dan heat sink untuk sirkuit elektronik.

4. Platinum
9 Mineral Paling Mahal di Dunia, Afghanistan Punya Harta Karun Tak Ternilai


Platinum termasuk mineral langka dan banyak digunakan dalam dunia industri karena dikenal sebagai logam yang paling tidak reaktif. Selain itu, Platinum mampu menahan korosi, bahkan di bawah suhu tinggi.

Logam keperakan yang mempesona ini bernilai USD1.680 per ons dan banyak ditemukan di Afrika Selatan, Rusia, dan Kanada. Meskipun platinum murni masih lebih murah daripada emas murni, platinum sering digunakan sebagai simbol prestise yang lebih besar.

5. Emas
9 Mineral Paling Mahal di Dunia, Afghanistan Punya Harta Karun Tak Ternilai


Emas sudah begitu dikenal sebagai mineral yang sangat berharga dan banyak digunakan dalam kehidupan. Meskipun merupakan mineral yang relatif langka, Emas adalah salah satu dari empat logam mulia utama dan memiliki banyak kegunaan di luar perhiasan.

Baca juga; Harta Karun Era Abbasiyah Ditemukan di Irak, Terdiri dari Emas dan Koin Dinar

Beberapa koin paling mahal di dunia dibuat dari emas, belum lagi semua perhiasan berkualitas tinggi. Emas banyak ditemukan dalam perut bumi di antara bebatuan atau endapan aluvial dan diperkirakan harganya sekitar USD1.727 per ons.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1283 seconds (10.101#12.26)