8 Racun Termahal di Dunia, Paling Tinggi Tembus Rp500 Miliar

Rabu, 14 September 2022 - 23:52 WIB
loading...
8 Racun Termahal di Dunia, Paling Tinggi Tembus Rp500 Miliar
Di balik ancaman bahaya yang terkandung di dalamnya, racun ternyata harganya sangat mahal. Foto/Wikimedia
A A A
JAKARTA - Mendengar kata racun atau bisa, tentu sangat menakutkan dan identik dengan sejumlah hewan berbahaya, seperti ular. Di balik ancaman bahaya yang terkandung di dalamnya, racun ternyata harganya jugasangat mahal .

Racun memiliki harga yang mahal karena digunakan sebagai penangkal gigitan hewan berbisa. Dalam bidang farmasi racun digunakan untuk menghilangkan rasa sakit, mengurangi tekanan darah dan memecah gumpalan darah.

Jadi racun ini adalah racun yang berguna, sehingga harganya selangit. Berikut 8 jenis racun paling mahal di dunia dikutip SINDOnews dari laman modernfarmer, Rabu (14/9/2022).

1. Kalajengking Deathstalker
8 Racun Termahal di Dunia, Paling Tinggi Tembus Rp500 Miliar


Racun kalajengking deathstalker adalah yang paling mahal di dunia dengan harga sekitar USD39 juta atau Rp581,4 miliar per galon. Padahal sengatan seekor kalajengking deathstalker 100 kali lebih berbahaya dari sengatan lebah.

Baca juga; 3 Manfaat Racun Kalajengking untuk Kesehatan

Racun kalajengking deathstalker sangat mahal karena sulit untuk mendapatkannya, dari satu ekor kalajengking hanya menghasilkan 2 miligram racun terbaik. Racun kalajengking deathstalker menjadi mahal karena digunakan untuk mengobati berbagai penyakit, seperti radang usus, rheumatoid arthritis dan multiple sclerosis.

2. King Kobra
8 Racun Termahal di Dunia, Paling Tinggi Tembus Rp500 Miliar


Meskipun mungkin jauh lebih murah daripada racun kalajengking deathstalker, racun king kobra masih berharga USD153.000 per galon. Racun king kobra sangat mahal karena mengandung protein kuat yang dikenal sebagai ohanin, untuk pengobatan nyeri kronis.

Baca juga; Ini 4 Spesies Ular King Kobra yang Mematikan

Selain itu, harga racun king kobra sangat mahal karena risiko yang tinggi untuk mendapatkannya dari reptil yang bisanya dapat membunuh seekor gajah. Jadi ini pekerjaan penuh risiko untuk mendapatkan racun king kobra.

3. Ular Karang
8 Racun Termahal di Dunia, Paling Tinggi Tembus Rp500 Miliar


Meskipun kurus dan cantik, ular karang sangat mematikan, karena dipersenjatai dengan racun terkuat kedua dari ular mana pun, setelah ular mamba hitam. Racun ular karang dihargai lebih dari USD4.000 per gram.

Racun ular karang tergolong mahal karena memiliki banyak kegunaan dalam dunia medis. Penelitian menunjukkan bahwa racun ular karang mungkin memiliki sifat antivirus dan antibakteri.

Baca juga; 5 Ular Laut Paling Berbisa di Dunia, Nomor 1 Terdapat di Indonesia

4. Ular Coklat Australia
8 Racun Termahal di Dunia, Paling Tinggi Tembus Rp500 Miliar


Berbeda dengan ular karang, ular coklat Australia (Pseudonaja) sangat berbisa dan dianggap sebagai salah satu ular paling berbahaya di dunia. Bahkan ular yang kecil dapat memberikan dosis yang fatal bagi manusia.

Di pasaran, satu gram racun ular coklat Australia berharga sekitar USD4.000 per gram. Cairan racun yang mematikan itu digunakan dalam produksi antivenom dan penelitian laboratorium.

Baca juga; Pakar IPB: Ini Cara Pertolongan Pertama Jika Digigit Ular Berbisa

5. Ular Gurun Adder
8 Racun Termahal di Dunia, Paling Tinggi Tembus Rp500 Miliar


Berasal dari Australia, ular desert death adder (Acanthophis pyrrhus) hadir dalam dua warna yang berapi-api, merah bata dan kuning. Ini merupakan salah satu ular darat paling ganas di dunia.

Racun yang menyerang sarat neurotoksin penyebab kematian berharga sekitar USD3.000 per gram. Racun ular ini dilaporkan telah memicu pengembangan alat diagnostik dan obat-obatan yang berguna.

Baca juga; 5 Bunga Cantik tapi Beracun, Ada Kecubung dari Indonesia

6. Katak Kassina
8 Racun Termahal di Dunia, Paling Tinggi Tembus Rp500 Miliar


Katak Kassina juga disebut katak lari Senegal. Amfibi berwarna zaitun ini memiliki sekresi kulit sebagai pertahanan. Lendir beracun yang berbahaya ini berharga USD1.600 per gram.

Lendir ini digelembungkan oleh bahan senama, Kassinin. Racun ini digunakan untuk penggunaan penelitian, bahan kimia yang berperan dalam kontraksi jaringan usus yang cepat.

Baca juga; Mampu Tumbuhkan Kaki Katak yang Putus, Ilmuwan Sempurnakan Obat Rahasia Ini untuk Mamalia

7. Laba-Laba Jaring Corong
8 Racun Termahal di Dunia, Paling Tinggi Tembus Rp500 Miliar


Laba-Laba Jaring Corong (Macrothele raveni) merupakan salah satu laba-laba paling ganas di dunia. Harga racun laba-laba ini seharga USD1.350 per gram karena memiliki banyak kegunaan dalam bidang medis.

Racun yang mahal dari predator bertaring ini memiliki sifat antikanker dan melawan penyakit hati dan obesitas. Selain itu, racun Laba-Laba Jaring Corong digunakan untuk memerangi rasa sakit, epilepsi, dan stroke.

Baca juga; Laba-laba Pintar Ini Menjerat Mangsanya dengan Perangkap Daun

8. Keong Kerucut
8 Racun Termahal di Dunia, Paling Tinggi Tembus Rp500 Miliar


Meskipun auranya mungil, siput kerucut adalah petarung tangguh yang mampu membunuh mangsanya dengan menyuntikkan racun dengan efek mati rasa secara permanen. Agen kunci racun, ziconotide, dihargai sekitar USD800 per mililiter.

Baca juga; Asal-usul Gondangdia, Diambil dari Nama Binatang Air Sejenis Keong

Racun ini menjadi obat mengatasi nyeri kronis yang parah dikenal dengan Prialt. Dilaporkan bahwa Prialt disebut-sebut 1.000 kali lebih kuat daripada morfin, namun tidak membuat ketagihan.
(wib)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1470 seconds (11.97#12.26)