Spesifikasi Pesawat Ruang Angkasa China, Shenzhou-13 yang Dikembangkan dari Teknologi Rusia

Jum'at, 16 September 2022 - 14:08 WIB
loading...
Spesifikasi Pesawat Ruang Angkasa China, Shenzhou-13 yang Dikembangkan dari Teknologi Rusia
Spesifikasi Pesawat Ruang Angkasa China Shenzou 13 sangat istimewa dan memiliki ukuran yang besar. Foto/IST
A A A
JAKARTA - Ini spesifikasi pesawat ruang angkasa China , Shenzhou-13, si pemegang rekor nasional. Rekor nasional yang dipegang Shenzhou-13 memang sangat istimewa karena pesawat ruang angkasa milik China itu berhasil terbang di luar angkasa selama enam bulan.

Capaian itu mengalahkan rekor sebelumnya yang dibuat Shenzhou-12 yang hanya bisa terbang di luar angkasa selama 92 hari. Diketahui misi Shenzhou-13 bersama tiga taikonot dimulai pada 16 Oktober 2021 dan balik lagi ke bumi pada 15 April 202.

Ketiganya adalah Zhai Zhigang, Wang Yaping, dan Ye Guangfu. Saat itu Wang Yaping merupakan taikonot pertama wanita berusia 41 tahun yang dikirim ke stasiun luar angkasa China, Tiangong.

Ketiga taikonot itu memiliki misi untuk pembangunan Stasiun ruang angkasa. Mereka juga memindahkan pasokan dari pesawat kargo, mengelola kombinasi dari stasiun luar angkasa, dan eksperimen ruang angkasa.



Spesifikasi Pesawat Ruang Angkasa China, Shenzhou-13 yang Dikembangkan dari Teknologi Rusia


Saat terbang ke Tiangong, Shenzhou-13 menjalani misi dengan sangagt mulus. Saat memasuki Orbit, Shenzhou-13 langsung melakukan docking otomatis dan cepat dengan kombinasi di dalam orbit yang terdiri dalam modul inti stasiun ruang angkasa Tianhe dan kapal kargo Tianzhou-2 dan Tianzhou-3.

Pesawat ruang angkasa ini kembali mendarat dengan selamat di daerah Otonomi Mongolia China Utara pada 15 April 2022 pada pukul 9 pagi. Pendaratan tersebut mengakhiri misi dari Shenzhou 13 dengan menghabiskan rekor nasional.

Tidak lama dari pendaratannya, ketiga astronot mengirim sinyal radio bahwa mereka baik-baik saja setelah misi luar angkasanya. Pesawat ruang angkasa ini juga menetapkan misinya dengan menerbangkan astronot wanita pertama yang melakukan perjalanan luar angkasa.

Yang menarik dari segi teknis, Shenzhou-13 tidak kalah canggih dengan pesawat ruang angkasa buatan Amerika Serikat, Rusia dan Eropa. Bahkan bisa dibilang Shenzhou-13 berhasil mengembangkan teknologi yang ada di Rusia jauh lebih baik lagi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1955 seconds (0.1#10.140)