5 Negara Penghasil Emas Terbanyak dengan Kandungan Mineral Terbaik

Jum'at, 16 September 2022 - 21:39 WIB
loading...
5 Negara Penghasil Emas Terbanyak dengan Kandungan Mineral Terbaik
Negara Penghasil Emas Terbanyak dengan Kandungan Mineral Terbaik. FOTO/ IST
A A A
JAKARTA - Negara penghasil emas terbanyak dengan kandungan mineral terbaik ada di 5 negara. Emas adalah salah satu elemen paling langka di dunia, yang menyusun kira-kira 0,003 bagian per juta kerak bumi. Tak heran banyak orang yang memburunya.



Tapi berapa banyak emas yang digali dunia setiap tahun? Dan negara mana yang paling banyak menghasilkan emas ?

Dilansir dari laman usfunds.com, pada 2019, produksi tambang emas global dilaporkan sebanyak 3.463,7 ton -turun 1% dari tahun sebelumnya- dan penurunan output pertama dari tahun ke tahun sejak 2008. Produksi emas relatif stabil sejak 2010, ini menimbulkan pertanyaan setelah dieksplorasi selama bertahun-tahun, apakah kita telah mencapai puncak emas?

Idenya adalah bahwa semua emas mudah telah ditemukan dan penjelajah harus menggali lebih dalam untuk menemukan simpanan yang layak secara ekonomi. Misalnya, Afrika Selatan pernah menjadi negara penghasil emas teratas sejauh ini, menggali lebih dari 1.000 ton pada 1970, tetapi produksi tahunan terus menurun sejak saat itu.

Di sisi lain, beberapa negara telah muncul dalam beberapa tahun terakhir sebagai produsen emas yang berkembang. Seperti yang terlihat pada grafik di bawah ini, China menempati posisi nomor satu produsen emas global dengan selisih yang besar.

Peringkat 10 teratas mengalami perubahan besar pada 2019 -Rusia memimpin atas Australia untuk menempati posisi kedua, Indonesia jatuh dari daftar dan Brasil bergabung dengan peringkat sebagai produsen terbesar ke-10. Ghana juga melampaui Afrika Selatan untuk menjadi produsen teratas di benua itu.

Di bawah ini adalah detail lebih lanjut tentang 10 negara teratas dengan produksi emas terbesar pada 2019, dimulai dengan produsen teratas dan konsumen teratas emas batangan, China. Semua data ini sendiri diambil dari Dewan Emas Dunia.

1. China 383,2 ton

Selama bertahun-tahun, Cina telah menjadi negara penghasil teratas, menyumbang 11% dari produksi tambang global. Namun, produksi turun dari hampir 400 ton tahun lalu, mewakili penurunan tiga tahun berturut-turut.

Tren turun ini sebagian besar disebabkan oleh kebijakan lingkungan yang lebih ketat yang diberlakukan oleh pemerintah. Misalnya, kontrol yang lebih ketat atas penggunaan sianida di tambang emas memaksa beberapa operasi untuk mengurangi produksi.

2. Rusia 329,5 ton

Sebanyak 83% emas Eropa berasal dari Rusia, yang telah meningkatkan produksinya setiap tahun sejak 2010. Rusia memimpin atas Australia untuk menjadi produsen terbesar kedua di dunia -menambang 50 ton lebih banyak pada 2019 daripada tahun sebelumnya.

Siapa pembeli emas Rusia terbesar? Pemerintah Rusia, tentu saja, membeli sekitar dua pertiga dari semua emas yang diproduksi secara lokal.

3. Australia 325,1 ton

Australia telah membukukan peningkatan produksi selama tujuh tahun berturut-turut, naik 4% pada 2019. Industri mineral menghasilkan lebih dari setengah dari total ekspor Australia dan menghasilkan sekitar 8% dari PDB.

Produksi yang lebih tinggi di beberapa tambang dan jalannya proyek, seperti Mount Morgans dan Cadia Valley berkontribusi pada peningkatan produksi.

4. Amerika Serikat 200,2 ton

Produksi emas Amerika turun 11% pada 2019, mengakhiri pertumbuhan lima tahun berturut-turut. 12 negara bagian menghasilkan emas, senilai sekitar USD8,9 miliar dan terhitung 6,1% dari total global.

Sekitar 78% emas yang diproduksi di AS berasal dari Nevada. Jika negara bagian itu dianggap sebagai negara, itu akan menjadi nomor enam dalam daftar ini dengan 173,6 ton yang ditambang pada 2019.

5. Kanada 182,9 ton

Kanada telah memegang posisi nomor lima selama tiga tahun, bahkan dengan sedikit penurunan produksi pada 2019. Proyek-proyek baru di Nunavat, Yukon dan Quebec diharapkan dapat mendukung produksi yang lebih kuat pada tahun 2020.

Produksi tambang emas Kanada diperkirakan akan tumbuh secara majemuk. Tingkat pertumbuhan tahunan 2,7% dari 2019 hingga 2023 mencapai 7,6 juta ons.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2230 seconds (0.1#10.140)