Berambisi Kirim Misi Berawak Pertama ke Mars Tahun 2030-an, Ini Persiapan NASA

Senin, 19 September 2022 - 12:33 WIB
loading...
Berambisi Kirim Misi Berawak Pertama ke Mars Tahun 2030-an, Ini Persiapan NASA
NASA berharap bisa meluncurkan manusia ke Mars pada tahun 2030-an atau awal 2040-an. Foto/Ilustrasi/liveuttarpradesh
A A A
FLORIDA - NASA berharap bisa meluncurkan manusia ke Mars dalam dekade berikutnya tahun 2030-an atau awal 2040-an. Kemungkinan, manusia pertama yang menginjakkan kaki di planet merah itu bisa jadi adalah seorang wanita.

Menurut mantan kepala NASA Jim Bridenstine sebelum misi itu terwujud, industri luar angkasa harus memikirkan solusi untuk menghadapi beberapa tantangan terbesar ketika mengirimkan manusia pertama ke Mars. Masalah gravitasi, misalnya, akan menjadi tantangan terbesar karena Mars memiliki kira-kira sepertiga gravitasi Bumi.

Kondisi ini mungkin akan membuat para astronot kesulitan untuk berjalan ketika pertama kali mencapai planet Mars. Untuk itu, NASA melakukan sejumlah persiapan, di antaranya membangun infrastruktur di Bulan.

Baca juga; China Berhasil Foto Keseluruhan Planet Mars

Bulan telah lama dianggap sebagai batu loncatan oleh NASA, dan misi Artemis yang akan datang, serta proyek Lunar Gateway, untuk membantu mencapai pendaratan di Mars. “AS dan mitra internasional mempertahankan kehadiran robot dan manusia secara berkelanjutan di permukaan bulan, sambil menyelesaikan pengujian Mars dan tujuan sains,” kata Kurt Vogel, Direktur Arsitektur Ruang Angkasa NASA dikutip SINDOnews dari laman interestingengineering, Senin (19/9/2022).

NASA juga mempersiapkan pesawat ruang angkasa untuk mengangkut astronot ke Mars menggunakan tahap roket propulsi kimia-listrik hibrida. Persediaan dan perangkat keras akan dikirim lebih dulu, termasuk kendaraan pendakian kru bagi para astronot untuk keluar dari permukaan planet merah.

Selain itu, NASA mengidentifikasi 50 poin dalam empat kategori eksplorasi yang berbeda untuk mengirimkan misi ke Mars pada tahun 2030-an. Termasuk persiapan transportasi dan tempat tinggal, infrastruktur Bulan dan Mars, sistem operasi, dan sains.

Baca juga; Misteri Interior Planet Mars Perlahan Mulai Dipetakan

Semua itu akan menjadi kunci untuk menguraikan rencana masa depannya menjelang misi bersejarah Mars yang ditetapkan untuk dekade berikutnya. Saat ini, NASA memfokuskan sebagian besar perhatiannya untuk menjalankan misi Artemis I. Namun dalam waktu dekat, agensi akan terus mengungkapkan rincian lebih lanjut tentang misi kru pertama ke planet Mars.
(wib)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1043 seconds (10.177#12.26)