Dunia Bisa Kiamat Jika Pemanasan Global Melebihi 1,5 Derajat Celcius

Selasa, 20 September 2022 - 13:24 WIB
loading...
Dunia Bisa Kiamat Jika Pemanasan Global Melebihi 1,5 Derajat Celcius
Bumi bisa kiamat jika pemanasan global sudah melebihi batas normal. FOTO/ IST
A A A
WASHINGTON - Dunia bisa 'kiamat' j ika pemanasan global melebihi batas 1,5 derajat Celcius, apalagi menjadi lebih buruk jika melebihi dua hingga tiga derajat Celcius.

BACA JUGA - Begini Pandangan Ahli Astrofisika tentang Proses Kiamat

Bumi sudah 'lelah' menghadapi malapetaka dahsyat dengan badai cuaca ekstrem di hampir seluruh penjuru dunia, sementara kenaikan permukaan air laut bisa menenggelamkan wilayah pesisir yang berdataran rendah.

Dampaknya tentu berimplikasi besar bagi peradaban manusia.

Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) memperkirakan sisa pasokan karbon di dunia saat ini adalah 360 miliar ton karbon dioksida (CO2), atau setara dengan jangka waktu sembilan tahun berdasarkan tingkat emisi saat ini.

Penilaian Kesenjangan Produksi Tahunan PBB tahun lalu menemukan bahwa beberapa negara berencana untuk membakar lebih dari dua kali lipat jumlah bahan bakar fosil pada tahun 2030 yang konsisten dengan tujuan emisi suhu.

Namun, hingga saat ini belum ada inventarisasi global yang komprehensif tentang pengelolaan sisa cadangan negara tersebut.

Aktivitas manusia sejak Revolusi Industri, yang sebagian besar didorong oleh batu bara, minyak dan gas, telah menyebabkan pemanasan global hanya di bawah 1,2 derajat Celcius.

Situasi tersebut menyebabkan kekeringan, banjir, angin topan, dan naiknya permukaan air laut.

Registry Global Bahan Bakar Fosil berusaha untuk menjelaskan cadangan minyak, gas dan batu bara untuk mengisi kesenjangan pengetahuan tentang pasokan global dan membantu pembuat kebijakan mengelola penghentian dengan lebih baik.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1616 seconds (11.210#12.26)