China Temukan Bekas Lapisan Aliran Lava di Bulan

Rabu, 21 September 2022 - 13:03 WIB
China Temukan Bekas Lapisan Aliran Lava di Bulan
Astronot China mengklaim temukan lapisan aliran lava di bulan. FOTO Ilustrasi / IST
BEIJING - Sebuah tim peneliti dari China telah menemukan bukti geologis bahwa setidaknya ada empat lapisan aliran lava di bulan.

Menurut siaran pers baru-baru ini dari National Space Science Center (NSSC) China Rabu (21/9/2022), sebelumnya, misi pesawat ruang angkasa tak berawak Chang'e-5 membawa total 1.731 gram sampel bulan kembali ke bumi pada akhir 2020.

Para ilmuwan yang melakukan penelitian juga menyarankan bahwa area pendaratan Chang'e 5 kaya akan elemen penghasil panas termasuk uranium, thorium, dan potasium.

Menurut mereka, unsur-unsur tersebut meningkatkan aktivitas vulkanik yang telah ada di bulan sejak lama.

Du Jun, yang memimpin penelitian, mengatakan kepada China Daily bahwa studi tentang ketebalan batuan basal dan tingkat letusan di area pendaratan Chang'e-5 akan lebih meningkatkan pemahaman tentang aktivitas vulkanik bulan dan sejarah evolusi panas internal.

Basalt adalah batuan beku berwarna gelap yang berasal dari gunung berapi.

Du juga berpendapat bahwa tingkat letusan di daerah pendaratan Chang'e-5 meningkat secara signifikan sekitar dua miliar tahun yang lalu.