AS dan Rusia Kompak dalam Misi Soyuz MS-22, Kirim 3 Kru Bertugas di ISS 6 Bulan

Kamis, 22 September 2022 - 16:46 WIB
AS dan Rusia Kompak dalam Misi Soyuz MS-22, Kirim 3 Kru Bertugas di ISS 6 Bulan
Pesawat ruang angkasa Soyuz MS-22 Rusia, di atas roket Soyuz 2.1a, lepas landas ke Stasiun Luar Angkasa Internasional dari Kosmodrom Baikonur pada Rabu, 21 September 2022. Foto/NASA
BAIKONUR - Amerika Serikat (AS) dan Rusia kompak kembali dalam misi Soyuz MS-22 yang diluncurkan dari Situs 31 di Kosmodrom Baikonur, Kazakhstan, 21 September 2022 pukul 18.54 waktu setempat. Pesawat ruang angkasa Soyuz MS-22 membawa seorang astronot AS Frank Rubio dan dua kosmonot Rusia Sergey Prokopyev dan Dmitry Petelin.

Astronot NASA bisa bergabung dalam misi Soyuz MS-22 yang diluncurkan Roscosmos di bawah perjanjian crew swap (pertukaran kru) yang baru antara AS dan Rusia. Ini merupakan perjanjian pertukaran kru pertama sejak program pesawat ulang-alik berakhir 15 tahun yang lalu.

Pesawat ruang angkasa Soyuz MS-22 diluncurkan dengan roket Soyuz-2.1a, sembilan menit kemudian naik ke orbit, menuju Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS). Pesawat ruang angkasa Soyuz MS-22 berlabuh pada modul penelitian mini Rassvet di ISS setelah mengelilingi Bumi dua kali.

Prokopyev, Petelin, dan Rubio tiba di laboratorium Rassvet pukul 19.35, kemudian palka dibuka dan ketiga astronot itu memasuki ISS. Setelah memberikan waktu agar tekanan seimbang di kedua sisi palka pesawat ruang angkasa, Prokopyev, Petelin dan Rubio akan naik ke stasiun dan bergabung dengan kru Ekspedisi 67.

Mereka adalah komandan Oleg Artemyev, kosmonot Denis Matveev dan Sergey Korsakov, astronot NASA Bob Hines, Kjell Lindgren dan Jessica Watkins, dan astronot Badan Antariksa Eropa Samantha Cristoforetti. Prokopyev, Petelin dan Rubio dijadwalkan menghabiskan waktu selama enam bulan bertugas di ISS.

Prokopyev, Petelin, dan Rubio akan bertransisi ke masuk dalam Ekspedisi 68 di bawah komando Cristoforetti yang menggantikan Artemyev. Cristoforetti akan menjadi wanita Eropa pertama yang memimpin kru ISS setelah serah terima yang akan dilakukan pada 28 September.

Namun, masa kepemimpinan Cristoforetti sebagai komandan ISS akan singkat. Dia dijadwalkan untuk kembali ke Bumi pada bulan Oktober Bersama Hines, Lindgren dan Watkins di SpaceX's Crew Dragon "Freedom."

Keberangkatan mereka, seperti yang direncanakan saat ini, akan mengikuti jadwal kedatangan astronot lainnya, yaitu Nicole Mann dan Josh Cassada dari NASA, astronot Japan Aerospace Exploration Agency (JAXA) Koichi Wakata dan Anna Kikina, satu-satunya kosmonot wanita Rusia. Cristoforetti akan menyerahkan komando kepada Prokopyev sebelum dia kembali ke Bumi.