Ilmuwan Yakin Asteroid Bukan Penyebab Utama Dinosaurus Punah

Jum'at, 23 September 2022 - 11:08 WIB
Ilmuwan Yakin Asteroid Bukan Penyebab Utama Dinosaurus Punah
Ilmuwab yakin asteroid tak membuat dinosaurus punah. FOTO/ IST
BEIJING - Sebuah studi baru mengklaim bahwa spesies dinosaurus sudah di ambang kepunahan ketika asteroid raksasa menghantam Bumi dan memusnahkan semua hewan purba.

Ketika dinosaurus punah 66 juta tahun yang lalu, jumlah spesies hewan menurun drastis, menurut penelitian yang dilakukan pada telur dinosaurus di China.

Seperti dilansir dari SCMP Jumat (23/9/2022), studi oleh Chinese Academy of Sciences juga dipublikasikan dalam jurnal ilmiah, PNAS.

Menggunakan telur dinosaurus yang ditemukan di Cekungan Shanyang, para ilmuwan menciptakan kronologi waktu yang mencakup dua juta tahun menjelang akhir periode Kapur, periode terakhir di mana dinosaurus hidup.

Cekungan di China tengah menyimpan sekitar 1.000 telur fosil, tetapi setelah diperiksa lebih dekat, para peneliti menemukan bahwa hanya tiga spesies yang benar-benar hidup pada saat itu.

Ini berarti bahwa keanekaragaman spesies dinosaurus sudah menurun selama periode Kapur.

"Hasil penelitian kami menunjukkan bahwa keanekaragaman hayati dinosaurus rendah selama dua juta tahun terakhir Kapur. Data membuktikan penurunan keanekaragaman hayati dinosaurus jutaan tahun sebelum batas Kapur/Paleogen," kata penulis penelitian.

Selain itu, para ilmuwan juga berspekulasi bahwa faktor-faktor termasuk perubahan iklim dan letusan gunung berapi mungkin telah menyebabkan populasi dinosaurus menurun drastis.