3 Tokoh Dunia yang Pernah Meramalkan Kiamat, Satupun Belum Ada yang Terbukti

Jum'at, 23 September 2022 - 11:47 WIB
loading...
3 Tokoh Dunia yang Pernah Meramalkan Kiamat, Satupun Belum Ada yang Terbukti
Kiamat atau hari akhir merupakan sebuah peristiwa kehancuran dunia yang diyakini oleh beberapa ajaran agama atau kepercayaan di dunia. Foto DOK Nasa
A A A
JAKARTA - Kiamat atau hari akhir merupakan sebuah peristiwa kehancuran dunia yang diyakini oleh beberapa ajaran agama atau kepercayaan di dunia. Meski menjadi misteri, namun beberapa orang di dunia kerap meramalkan datangnya peristiwa tersebut.

Tak hanya peramal, beberapa ilmuwan di dunia pun sempat memberikan pandangan mereka terhadap prediksi kehancuran dunia. Tentunya, mereka juga mendasari pendapatnya dengan bukti-bukti yang telah dikumpulkan.

Baca juga : Begini Pandangan Ahli Astrofisika tentang Proses Kiamat

Hanya saja, dari sekian banyak ramalan tersebut tidak pernah terbukti. Berikut tiga tokoh dunia yang pernah meramalkan kiamat :

1. Stephen Hawking

Stephen Hawking dikenal sebagai seorang fisikawan dan kosmolog terkenal. Pria kelahiran 8 Januari 1942 ini kerap dianggap sebagai salah satu ilmuwan yang cukup berjasa, termasuk pada bidang kosmologi, termodinamika, dan sebagainya.

Dikutip dari pemberitaan sebelumnya, meski telah meninggal pada 2018 lalu, Stephen Hawking semasa hidupnya sering memberikan ramalan tentang kiamat. Pertama, pada tahun 2016 dia pernah menyebut umur bumi tidak akan lama lagi.

Alasannya karena bumi akan mengalami perubahan iklim, serangan asteroid, epidemi, serta pertumbuhan populasi yang pesat. Ramalannya didasarkan pada berkembangnya pemanasan global serta pertumbuhan manusia yang selalu meningkat setiap tahunnya.

Selain itu, ramalan kiamat Stephen Hawking juga pernah menyebut bahwa bumi bisa bersinar merah dan menjadi sepanas Venus hingga tidak akan bisa menampung populasi lagi pada tahun 2600 mendatang.

Baca juga : Astrofisikawan Perkirakan Kiamat Dimulai dari Padamnya Matahari

2. Johannes Stoffler

Johannes Stoffler merupakan astronom dan ahli matematika asal Jerman. Dikutip dari laman Smithsonia, pada 1499 dia pernah meramalkan kiamat yang akan segera terjadi.

Dalam ramalannya, dia menyebut akan terjadi banjir besar yang melanda dunia pada 20 Februari 1524. Di Eropa sendiri, cukup banyak orang yang mempercayai ramalan Stoffler tersebut.

Namun, ternyata ramalan tersebut tidak terbukti. Setelahnya, justru Stoffler menghitung ulang dan memprediksinya menjadi tahun 1528. Sama halnya dengan yang pertama, ramalan tersebut tidak terjadi.

3. Nostradamus

Nostradamus atau biasa disebut juga Michel de Nostredame merupakan seorang peramal dan dokter asal Prancis yang cukup terkemuka. Dalam riwayatnya, dia pernah meramalkan tentang yang akan terjadi pada 1999.

Dikutip dari laman Washington Post, dia meramalkan akan datangnya ‘Raja Teror yang Agung dari Langit’. Usut punya usut, ramalan tersebut didasarkan pada spekulasi milenium dan gerhana matahari total yang terjadi pada tahun tersebut.

Namun, ramalan kiamat dari Nostradamus ini tidak benar-benar terjadi.

Demikian ulasan mengenai tokoh dunia yang pernah meramalkan kiamat.
(bim)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1038 seconds (10.177#12.26)