4 Hewan dengan Jam Tidur Terlama, No 3 Bisa Sampai 22 Jam Per Hari

Jum'at, 23 September 2022 - 15:29 WIB
loading...
4 Hewan dengan Jam Tidur Terlama, No 3 Bisa Sampai 22 Jam Per Hari
4 Hewan dengan Jam Tidur Terlama. FOTO/ IST
A A A
JAKARTA - Hewan dengan Jam tidur terlama predikat itu dimiliki beberapa hewan, namun ttidur pulas hewan tidak semerta-merta hewan yang tidur adalah hewan pemalas.

BACA JUGA - 3 Hewan yang Punya Durasi Kawin Terlama

Terdapat berbagai faktor yang mempengaruhinya, seperti proses neurologisnya lambat, pemulihan diri yang lama, penghematan energi dan lainnya. Inilah 4 hewan dengan jam tidur terlama di dunia:

1. Kukang

Hewan asal Amerika ini termasuk hewan dengan tidur paling lama sekitar 20 jam per harinya. Gaya hidup Kukang hampir mirip dengan Koala, yakni melakukan seluruh aktivitasnya di atas pohon dan memakan tumbuh-tumbuhan, tetapi terkadang ia juga memakan serangga serta burung.

Kukang terbagi menjadi dua jenis, yakni berjari dua dan berjari tiga. Kukang berjari tiga juga termasuk hewan paling malas serta paling lambat di dunia mengalahkan kura-kura raksasa dan siput, tercatat waktu reaksi mereka hanya sekitar seperempat dari manusia, dengan kecepatan bergerak sekitar 1,8-2,5 meter per menitnya.

Hebatnya, hewan ini dapat berenang dengan cukup baik, dapat memutar kepalanya hingga 270 derajat, dapat bertahan ketika terjatuh dari ketinggian 30 meter tanpa terluka. Namun sayang, Kukang memiliki penglihatan yang buruk.

Tak hanya geraknya saja yang lambat, tetapi pencernaan juga, ia hanya buang air besar seminggu atau bahkan sebulan sekali, baru lah ia akan turun ke tanah untuk membuat lubang dan membuang kotorannya.

2. Kelelawar

Kelelawar coklat, salah satu kelelawar yang paling sering ditemukan di Amerika Utara dan sering menjadi organisme model untuk diteliti. Termasuk hewan nokturnal, kelelawar memiliki jam tidur terlama pada siang hari, yakni mencapai 19 jam per hari dengan posisi menggantung terbalik di dalam sayapnya.

Sedangkan pada malam hari, ia akan berburu serangga untuk dikonsumsi. Kelelawar coklat akan menghindari suhu dingin dengan hibernasi atau bermigrasi ke wilayah lain yang jauh, ia pun mampu terbang sejauh 40 kilometer.

Pada musim semi, kelelawar coklat akan sedikit lebih aktif di siang hari, mereka akan berdecit dengan keras.

3. Koala

Hewan asal Australia yang termasuk dalam binatang marsupial atau berkantung, serta nokturnal atau aktif di malam hari. Memiliki bulu tebal, telinga besar, dan cakar yang panjang untuk membantunya dalam memanjat pohon.

Umumnya, koala betina memiliki bobot sekitar 5 kilogram dan koala jantan besar mencapai 14 kilogram. Koala juga memiliki teriakan yang kuat, sehingga dapat terdengar sampai sejauh 1 kilometer.

Koala akan merasa nyaman untuk berhabitat di tempat yang tinggi, seperti cabang-cabang pohon eukaliptus agar terhindar dari serangan predator. Namun, tingkat metabolisme tubuhnya tergolong rendah, sehingga membutuhkan banyak waktu untuk mencerna daun kayu putih.

Hal tersebut membuat koala menjadi hewan yang memiliki waktu tidur terlama di dunia, yakni 22 jam per harinya.

4. Armadillo

Armadillo termasuk salah satu hewan unik karena tubuhnya dilindungi oleh cangkang tebal dan keras, seperti besi. Cangkang tersebut memiliki beberapa lapisan yang bertumpang tindih, sehingga Armadillo dapat menggulung dirinya menjadi bola saat ia merasa terancam.

Hewan ini hidup bersembunyi di liang-liang tanah, dengan mengandalkan hidung, moncong yang runcing, serta lidah panjang dan lengket untuk mencari mangsa. Namun biasanya sang mangsa, seperti serangga dan larva yang memang hidup di liang tanah akan menghampiri Armadillo secara tidak sengaja. Sehingga, ia dapat dengan mudah menemukan mangsa di sarangnya sendiri.

Jadi tak heran jika, Armadillo betah tidur di sarangnya hingga 18 jam per hari. Tak hanya serangga, ia juga mengkonsumsi tumbuh-tumbuhan, buah-buahan, telur, serta hewan vertebrata kecil.

(MG/Afridha Khalila)
(wbs)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1652 seconds (11.210#12.26)