7 Gunung Berapi Aktif Paling Berbahaya di Dunia, Nomor 6 Ada di Indonesia

Senin, 26 September 2022 - 11:59 WIB
loading...
7 Gunung Berapi Aktif Paling Berbahaya di Dunia, Nomor 6 Ada di Indonesia
Beragam gunung berapi aktif masih cukup banyak ditemui di penjuru dunia. Foto DOK SINDOnews
A A A
JAKARTA - Beragam gunung berapi aktif masih cukup banyak ditemui di penjuru dunia . Dengan statusnya yang aktif, gunung-gunung ini berpotensi meletus atau erupsi di kemudian hari.

Layaknya sebuah gunung berapi pada umumnya, erupsi yang dihasilkan bisa menghantarkan semburan awan panas dan disertai hujan abu di wilayah sekitarnya. Biasanya, hal ini akan cukup berbahaya bagi para penduduk yang berada di dekatnya.

Baca juga : 6 Bulan Terakhir, 9 Gunung Api Alami Erupsi

Melansir dari laman PopularMechanics, berikut tujuh gunung berapi aktif paling berbahaya di dunia "

1. Gunung Vesuvius (Italia)

Gunung Vesuvius merupakan gunung berapi aktif yang terletak di sebelah timur Napoli, Italia. Dalam riwayatnya, gunung ini disebut bertanggung jawab atas kehancuran kota Pompeii dan Herculaneum pada tahun 79 M.

Melihat ke belakang, dalam kurun 17.000 tahun terakhir telah terjadi delapan erupsi dahsyat dan membawa material vulkanik yang mencapai kecepatan hingga 430 mil per jam.

Erupsi terakhir diketahui terjadi pada tahun 1944. Letaknya yang berada di daerah yang dihuni banyak penduduk membuat pemerintah setempat bekerja keras dalam mempersiapkan kemungkinan letusan kembali di masa depan.

2. Gunung Cotopaxi (Ekuador)

Berada di pegunungan Cordillera Central, Ekuador Tengah, Cotopaxi menjadi salah satu gunung berapi tertinggi. Adapun ketinggiannya sendiri mencapai 19.393 kaki.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1698 seconds (11.97#12.26)