Rusia Uji Coba Pesawat Pengintai Baru di Ukraina, Tu-214R Punya Radar Tembus Tanah

Selasa, 27 September 2022 - 09:19 WIB
loading...
Rusia Uji Coba Pesawat Pengintai Baru di Ukraina, Tu-214R Punya Radar Tembus Tanah
Angkatan Udara dan Luar Angkasa Rusia (VKS) telah menguji pesawat pengintai Tu-214R terbaru yang dimiliki di atas Ukraina. Foto/Wikimedia/Twitter
A A A
MOSKOW - Angkatan Udara dan Luar Angkasa Rusia (VKS) telah menguji pesawat pengintai Tu-214R terbaru yang dimiliki di atas Ukraina. Pengintai Tu-214R adalah pesawat yang relatif baru dalam pelayanan di Federasi Rusia untuk mendeteksi target militer.

Pengujian pesawat pengintai Tu-214R ini dipublikasikan di beberapa media Rusia, termasuk RIA Novosti. Menurut analis militer Rusia, Tu-214R dikirim ke Ukraina untuk memetakan situasi saat ini dan mendeteksi struktur militer masa depan.

Informasi yang diberikan media Rusia mengenai kemampuan pesawat pengintai Tu-214R ini sangat sedikit. Menurut pernyataan Rusia, pesawat pengingtai Tu-214R dilengkapi dengan beberapa radar omnidirectional dan tampak samping, peralatan pengintaian elektronik, serta sistem elektron-optik yang menghasilkan foto udara resolusi tinggi.

Baca juga; Bartini-Beriev VVA-14, Pesawat Amfibi Lepas Landas Vertikal

Sumber pihak Rusia mengklaim bahwa pesawat pengintai Tu-214R mampu mendeteksi stasiun radio musuh dan radar 400 km jauhnya. “Tu-214R digunakan untuk mendeteksi situs militer Ukraina setelah selesainya perbaikan saat ini,” tulis sejumlah media Rusia dikutip SINDOnews dari laman BulgarianMilitary, Selasa (27/9/2022).

Pesawat pengintai Tu-214R adalah pesawat yang relatif baru dalam pelayanan di Federasi Rusia. Dirancang pada tahun 2009, secara resmi diterima ke dalam layanan militer Rusia pada tahun 2012. Satu tahun sebelumnya, pada 2011, dilakukan penerbangan uji pertama Tu-214R.

Saat ini, Angkatan Udara dan Luar Angkasa Rusia memiliki dua pesawat seperti itu, tetapi pada 2016 Moskow memesan yang ketiga. Penampilan pesawat Tu-214R dapat dibedakan dari pesawat sipil dengan tonjolan karakteristik di bawah pesawat depan dan belakang serta fairings berbentuk tetesan air mata di sisi tubuhnya. Ini merupakan tempat bagi sistem radar phased-array all-round dan side-scanning yang kuat.

Baca juga; Spesifikasi Tu-160M2, Pesawat Pengebom Terbaru Rusia dengan Kekuatan yang Mengerikan

Radar ini, termasuk sistem radio multi-frekuensi MRK-411, berfungsi sebagai mata dan telinga pesawat. Operator menerima informasi dalam mode aktif dan pasif (tanpa mengungkapkan lokasi mereka) dan dapat mencegat komunikasi radio musuh. Fitur utama radar Tu-214R disebut sebagai pemindaian radar penembus tanah (GPR).

Dengan kata lain, pesawat ini mampu melihat menembus tanah. Objek apa pun yang tersembunyi di bawah tanah, tertutup salju atau pasir, atau disamarkan oleh pepohonan, akan dideteksi oleh Tu-214R. Kemudian menampilan snapshot radar dan segera mengirimkan informasi ke pos komando.
Rusia Uji Coba Pesawat Pengintai Baru di Ukraina, Tu-214R Punya Radar Tembus Tanah
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2071 seconds (11.97#12.26)