Ini 5 Gunung Berapi Paling Berbahaya di Indonesia, Nomor Terakhir Letusannya Paling Dahsyat

Selasa, 27 September 2022 - 16:03 WIB
loading...
Ini 5 Gunung Berapi Paling Berbahaya di Indonesia, Nomor Terakhir Letusannya Paling Dahsyat
Terdapat sejumlah gunung berapi paling berbahaya di Indonesia yang bisa diketahui. Foto DOK ilmugeografi
A A A
JAKARTA - Terdapat sejumlah gunung berapi paling berbahaya di Indonesia yang bisa diketahui. Gunung berapi merupakan kenampakan alam yang tidak hanya memiliki keindahan, tetapi juga dapat memunculkan bencana besar yang mengancam makhluk hidup di sekitarnya.

Dilansir dari itk.ac.id, Gunung api sendiri merupakan suatu bentuk timbulan di muka bumi, pada umumnya berupa suatu kerucut raksasa, kerucut terpancung, kubah ataupun bukit yang diakibatkan oleh penerobosan magma ke permukaan bumi.

Baca juga : 6 Bulan Terakhir, 9 Gunung Api Alami Erupsi

Indonesia sebagai wilayah yang menjadi pertemuan antar lempeng Eurasia dengan Indo-Australia membuat banyak gunung berapi terbentuk di negara ini. Untuk itu tak heran bila Indonesia terdapat sejumlah gunung berapi paling berbahaya di Indonesia. Beberapa di antaranya bahkan sempat menimbulkan bencana besar.

Berikut lima gunung berapi paling berbahaya di Indonesia :

1. Gunung Bromo

Gunung Bromo merupakan gunung berapi yang terletak di perbatasan kabupaten Lumajang, Malang, Pasuruan dan Probolinggo Jawa Timur.

Dalam sejarahnya tercatat bahwa Gunung Bromo telah mengalami lebih dari 50 kali erupsi sejak tahun 1775. Berdasarkan catatan sejarah, letusan vulkanik Gunungapi Bromo mulai tercatat sejak tahun 1804, erupsinya dapat berlangsung pendek.

Namun pencatatan secara kontinu oleh PVMBG di mulai dari 1980 an sampai sekarang. Dari pemantauan tersebut ada terjadi empat kali erupsi eksplosif, yaitu pada 1995, 2000, 2004 dan 2010.

2. Gunung Semeru
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1103 seconds (10.101#12.26)