Foto Satelit Rekam Badai Ian Menggulung Florida, Makin Bahaya Naik Jadi Kategori 4

Kamis, 29 September 2022 - 11:51 WIB
loading...
Foto Satelit Rekam Badai Ian Menggulung Florida, Makin Bahaya Naik Jadi Kategori 4
Foto satelit merekam Badai Ian mencapai di Pantai Teluk Florida dan semakin berbahaya setelah naik level menjadi kategori 4. Foto/NASA
A A A
FLORIDA - Foto satelit merekam Badai Ian mencapai di Pantai Teluk Florida dan semakin berbahaya setelah naik level menjadi kategori 4. Badai Ian berada dekat Cayo Costa, Florida pada Rabu 28 september 2022 waktu setempat.

“Badai Ian telah berubah menjadi badai yang sangat berbahaya di dekat Cayo Costa, Florida dengan angin berkelanjutan maksimum pada 150 mil per jam,” tulis pejabat National Hurricane Center (NHC) melalui Twitter pukul 3:05 sore, dikutip SINDOnews dari laman Space.com, Kamis (29/9/2022).

NASA menayangkan langsung pemandangan Badai Ian dari stasiun luar angkasa hanya beberapa menit sebelum laporan NHC. Siaran video menunjukkan sekilas badai dari ketinggian sekitar 400 kilometer saat stasiun luar angkasa melaju dengan kecepatan 28.000 km per jam.

Baca juga; Badai Ian Dekati Florida, Kecepatan Angin Maksimal 195 Km Per Jam

Astronot di stasiun luar angkasa juga telah melacak Badai Ian dan menyaksikan pemandangan badai yang menakjubkan pada Senin 26 September 2022. Saat itu badai tepat berada di selatan Kuba saat menuju Florida.

Mulai pukul 2 siang, Badai Ian bergerak menuju utara-timur laut sekitar 15 km per jam dan diperkirakan akan berbelok ke timur laut pada hari Kamis. “Badai Ian diperkirakan berbelok ke utara pada hari Jumat dan mendekati pantai timur laut Florida di samping pantai Georgia dan Carolina Selatan Jumat malam,” demikian keterangan NHC.

Pada hari-hari sebelum Badai Ian menerjang, pejabat negara bagian Florida memerintahkan evakuasi bagi penduduk di sepanjang daerah pesisir di jalur badai. NASA juga menunda rencana untuk meluncurkan misi Artemis 1 ke bulan dengan roket Space Launch System pertama.

Baca juga; Hindari Ancaman Badai Ian, NASA Amankan Roket Artemis 1

NASA dan SpaceX juga menunda peluncuran kru baru ke Stasiun Luar Angkasa Internasional dengan roket SpaceX Falcon 9 dan pesawat ruang angkasa Dragon. Misi itu akan membawa dua astronot Amerika, seorang astronot Jepang dan seorang kosmonot Rusia.
Foto Satelit Rekam Badai Ian Menggulung Florida, Makin Bahaya Naik Jadi Kategori 4


Di Stasiun Luar Angkasa Cape Canaveral terdekat, Angkatan Luar Angkasa AS juga mengambil tindakan pencegahan untuk melindungi stasiun dari terjangan Badai Ian, yang diperkirakan akan tiba pada hari Kamis 28 September 2022.

“Ketika Badai Ian meningkat dan orang-orang bersiap untuk dampaknya, saya memikirkan tenaga kerja dan keluarga NASA kami di Florida, terutama mereka yang berada di tim perjalanan NASA Kennedy. Terima kasih atas dedikasi Anda. Ketahuilah bahwa NASA akan melakukan segalanya untuk memastikan keselamatan dan kesejahteraan Anda,” tulis kepala NASA Bill Nelson melalui Twitter.
(wib)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1576 seconds (10.55#12.26)