Fosil Ikan Lapis Baja Berusia 439 Juta Tahun Ditemukan di China, Dianggap Nenek Moyang Hiu Modern

Kamis, 29 September 2022 - 17:23 WIB
loading...
Fosil Ikan Lapis Baja Berusia 439 Juta Tahun Ditemukan di China, Dianggap Nenek Moyang Hiu Modern
Ahli paleontologi merekonstruksi fragmen kerangka kecil ikan lapis baja yang hidup 439 juta tahun lalu. Foto/DailyMail
A A A
BEIJING - Ahli paleontologi merekonstruksi fragmen kerangka kecil ikan lapis baja yang hidup 439 juta tahun lalu. Fosil yang ditemukan di Kabupaten Shiqian, Provinsi Guizhou, China Selatan diyakini sebagai nenek moyang hiu modern .

Makhluk dengan baju besi di bagian luar tubuh memiliki beberapa pasang duri sirip yang memisahkannya dari ikan berahang hidup seperti hiu dan pari bertulang rawan. Tim paleontologi juga menemukan sekitar 20 gigi dari spesies baru bernama Fanjingshania.

Penemuan ini memungkinkan ilmuwan untuk menentukan bahwa mereka hanya bisa berasal dari ikan dengan rahang melengkung yang mirip dengan hiu modern. “Ini adalah ikan berahang tertua dengan anatomi yang diketahui,” kata Profesor Zhu Min dari Akademi Ilmu Pengetahuan China di Beijing dikutip SINDOnews dari laman DailyMail, Kamis (29/9/2022).

Baca juga; Ini Alasan Florida Dijuluki Pusat Fosil Hiu dan Pari Dunia

Fanjingshania memiliki beberapa ciri yang berbeda dari vertebrata mana pun, khususnya pelat gelang bahu dermal yang menyatu sebagai satu unit dengan sejumlah duri di dada, prepektoral, dan prepelvis. Duri sirip makhluk itu adalah salah satu temuan terbesar, karena fitur tersebut membantu para ilmuwan menentukan posisi spesies baru dalam pohon evolusi vertebrata awal.

Tim juga menentukan fosil tulang Fanjingshania mengungkapkan resorpsi (penyerapan sel atau jaringan ke dalam sistem peredaran darah) dan remodeling yang biasanya terkait dengan perkembangan kerangka pada ikan bertulang, termasuk manusia. Fitur resorpsi Fanjingshania paling jelas pada sisik batang terisolasi yang menunjukkan bukti penumpahan elemen mahkota seperti gigi dan penghilangan tulang dermal dari dasar skala.
Fosil Ikan Lapis Baja Berusia 439 Juta Tahun Ditemukan di China, Dianggap Nenek Moyang Hiu Modern


Para peneliti dari Institute of Vertebrate Paleontology and Paleoanthropology (IVPP) di bawah Akademi Ilmu Pengetahuan China, juga meneliti fosil lain, khususnya yang mengungkap galeaspid. Ini merupakan anggota kelas ikan tak berahang yang sudah punah dan memiliki sirip berpasangan.

Baca juga; Arkeolog Temukan Fosil Hiu Elang yang Hidup 93 Juta Tahun Lalu di Meksiko

Kerangka lengkap galeaspid, takson ikan laut dan air tawar tanpa rahang yang telah punah, ditemukan di bebatuan Provinsi Hunan dan Chongqing, yang diberi nama Tujiaaspis. Baru saat ini fosil kepala makhluk tersebut ditemukan bersama bagian lain yang mengungkap pertama kali sirip berpasangan berevolusi.
Fosil Ikan Lapis Baja Berusia 439 Juta Tahun Ditemukan di China, Dianggap Nenek Moyang Hiu Modern


“Anatomi galeaspid telah menjadi misteri sejak pertama kali ditemukan lebih dari setengah abad yang lalu. Puluhan ribu fosil diketahui dari China dan Vietnam, tetapi hampir semuanya hanya kepala, tidak ada yang diketahui tentang sisa tubuh mereka,” kata Zhikun Gai, dari Universitas Bristol.
(wib)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1137 seconds (10.177#12.26)