Tiangong Bakal Jadi Stasiun Luar Angkasa Tercanggih, Punya 8 Lab Ruang Angkasa

Senin, 03 Oktober 2022 - 18:55 WIB
loading...
Tiangong Bakal Jadi Stasiun Luar Angkasa Tercanggih, Punya 8 Lab Ruang Angkasa
Stasiun Luar Angkasa Tiangong milik China diprediksi bakal menjadi pesaing Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS). Foto/Autoevolution
A A A
BEIJING - Stasiun Luar Angkasa Tiangong milik China diprediksi bakal menjadi pesaing Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS). Bahkan Stasiun Luar Angkasa Tiangong yang memiliki 8 lab ruang angkasa diprediksi menjadi yang tercanggih.

Stasiun luar angkasa yang dioperasikan Administrasi Luar Angkasa Nasional China (Chinese National Space Administration's/CNSA), saat ini sedang dalam proses perakitan di luar atmosfer Bumi. Terbaru, China sukses memindahkan pesawat luar angkasa self-propelled terberat di dunia ke Pelabuhan Baru di Stasiun Luar Angkasa Tiangong.

Saat ini, bentuk stasiun luar angkasa Tiangong mirip seperti huruf L. Setelah pada akhir minggu lalu, taikonaut China di atas Tiangong dan pengendali darat memindahkan salah satu modul lab stasiun, Wentian, dari port aksial modul inti Tianhe ke port radial yang sama.

Baca juga; Pesawat Kargo China Mendarat di Stasiun Luar Angkasa Tiangong

Setelah diluncurkan pada Juli, Wentian digambarkan oleh CNSA sebagai pesawat ruang angkasa terbesar dan terberat yang pernah dibuat China. Wentian juga digambarkan sebagai pesawat ruang angkasa self-propelled terberat di dunia. Beratnya 23 ton dan panjangnya hampir 18 meter.
Tiangong Bakal Jadi Stasiun Luar Angkasa Tercanggih, Punya 8 Lab Ruang Angkasa


Ketika pengerjaannya selesai, stasiun China akan terlihat seperti modul yang terpasang ujung ke ujung, dengan panel surya ditempatkan di beberapa lokasi, dan docking pelabuhan di sana-sini. Laboratorium ini memiliki delapan stasiun ilmiah dan akan digunakan untuk melayani studi biologi dan ilmu kehidupan.

Termasuk penelitian tentang pertumbuhan di ruang angkasa, penuaan dan sifat genetik tanaman, hewan, dan mikroba. Tidak kurang dari 22 adaptor muatan ekstravehicular dipasang untuk memungkinkan perluasan cakupan penelitian lab.

Baca juga; 2 Sayap Panel Surya Stasiun Ruang Angkasa Tiangong Siap Dipasang
Tiangong Bakal Jadi Stasiun Luar Angkasa Tercanggih, Punya 8 Lab Ruang Angkasa


Adapun Tiangong, stasiun harus beroperasi penuh dalam waktu dekat. Pada akhir tahun, China akan meluncurkan modul lab lain, yang disebut Mengtian. Saat ini, di Stasiun Luar Angkasa Tiangong terdiri dari modul inti Tianhe, lab Wentian, pesawat ruang angkasa Shenzhou XIV, dan kapal kargo Tianzhou 4.

Dikutip dari laman Autoevolution, Senin (3/10/2022), Stasiun Luar Angkasa Tiangong mengapung di ketinggian hingga 450 km. Tiangong telah menjadi rumah bagi tiga awak terpisah astronot China.
(wib)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1164 seconds (10.177#12.26)