Bukti-bukti Beruang Bukan Karnivora Berhasil Dikumpulkan

Selasa, 04 Oktober 2022 - 09:08 WIB
Bukti-bukti Beruang Bukan Karnivora Berhasil Dikumpulkan
Ilmuwan kumpulkan bukti beruang bukan karnivora. FOTO/ IST
MOSCOW - Banyak yang mengira bahwa beruang adalah hewan karnivora atau pemakan daging. Namun sebuah penelitian terbaru di Scientific Reports mematahkan hal tersebut dan mengungkap bahwa mereka merupakan hewan omnivora atau pemakan segala.

Studi menyebut beruang hanya membutuhkan lebih sedikit protein daripada yang selama ini dikira. Dengan memberi mereka makan daging secara terus menerus justru akan membunuh mereka secara perlahan.

"Beruang bukan karnivora seperti kucing yang mengonsumsi makanan berprotein tinggi," kata penulis utama Charles Robbins, profesor biologi satwa liar di Washington State University, dikutip dari Science Daily, Selasa (4/10/2022).

"Di kebun binatang selama ini, l baik itu beruang kutub, beruang coklat, atau beruang sloth, selalu memberinya makan daging berprotein tinggi. Ketika Anda melakukannya, Anda membunuh mereka secara perlahan," lanjutnya.

Dalam percobaan terpisah, para peneliti mempresentasikan panda raksasa dan beruang sloth di kebun binatang AS yang berbeda dengan makanan tak terbatas dari berbagai jenis untuk melihat preferensi mereka dan kemudian mencatat profil nutrisi pilihan mereka.

Bekerja sama dengan peneliti dari Texas A&M University dan Memphis Zoo, uji coba makan pertama dilakukan dengan sepasang panda raksasa lalu menemukan bahwa mereka lebih menyukai batang bambu yang kaya karbohidrat yang ditemukan di batang kayu, daripada daun yang lebih kaya protein.

Mereka mengkonsumsi batang hampir secara eksklusif, misalnya 98% dari waktu di bulan Maret. Para peneliti juga menganalisis data dari lima kebun binatang China yang memiliki panda raksasa yang telah berhasil direproduksi dan menemukan kembali, diet tinggi karbohidrat dan rendah protein.

Sementara enam beruang sloth di kebun binatang Cleveland, Little Rock dan San Diego, disajikan dengan alpukat, ubi panggang, whey, dan apel tanpa batas. Mereka memilih alpukat kaya lemak hampir secara eksklusif, makan sekitar 88% alpukat hingga 12% ubi jalar.

Hal ini menunjukkan beruang sloth lebih menyukai makanan tinggi lemak dan rendah karbohidrat, yang mungkin memiliki susunan yang mirip dengan makanan liar mereka, seperti rayap dan semut serta telur dan larva.

Ini juga sangat berbeda dari diet tinggi karbohidrat yang biasanya mereka berikan di penangkaran. Beruang sloth, yang berasal dari India, biasanya hidup hanya sekitar 17 tahun di kebun binatang AS, hampir 20 tahun kurang dari umur maksimum yang dapat dicapai dalam perawatan manusia.

Penyebab kematian mereka yang paling sering adalah kanker hati. Para peneliti melihat pola serupa dalam penelitian sebelumnya tentang beruang kutub yang menunjukkan beruang kutub penangkaran, yang biasanya diberi makan diet tinggi protein, akan meniru diet kaya lemak beruang kutub liar jika diberi pilihan.

Beruang kutub di kebun binatang biasanya mati sekitar 10 tahun lebih awal dari yang seharusnya, paling sering karena penyakit ginjal dan hati. Kedua penyakit ini dapat berkembang dari peradangan jangka panjang pada organ-organ tersebut, yang berpotensi disebabkan oleh diet yang tidak seimbang selama bertahun-tahun.

Penelitian saat ini, bersama dengan penelitian sebelumnya, juga menunjukkan bahwa ketika beruang penangkaran diberi pilihan makanan, mereka akan memilih makanan yang meniru pola makan beruang liar.

"Semua beruang ini mulai berevolusi sekitar 50 juta tahun yang lalu, dan dalam hal aspek makanan, mereka tahu lebih banyak tentang itu daripada kita. Kami adalah salah satu yang pertama yang mau bertanya kepada beruang: Apa yang Anda mau makan? Apa yang membuatmu merasa lebih baik?" Ungkap Robbins.

Robbins, pendiri WSU Bear Center, satu-satunya lembaga penelitian di AS yang memiliki populasi grizzlies, telah mempelajari nutrisi beruang selama beberapa dekade.

Dia dan mahasiswa pascasarjananya pertama kali mulai menyelidiki pola makan mereka yang tidak seimbang selama penelitian di Alaska, menonton grizzlies makan salmon. Pada saat itu, para peneliti telah berteori bahwa beruang yang terkenal rakus akan memakan salmon, tidur, bangun, dan makan lebih banyak salmon.

Sebaliknya, mereka melihat beruang akan memakan salmon, tetapi kemudian berkeliaran dan menghabiskan berjam-jam mencari dan memakan buah beri kecil. Melihat hal itu, laboratorium Robbins mulai menyelidiki pola makan beruang grizzly yang ditempatkan di Bear Center.

Dan secara mengejutkan mereka menemukan bahwa berat badan beruang akam bertambah saat diberi makan kombinasi protein, lemak, dan karbohidrat dalam kombinasi salmon dan beri.

Kedelapan jenis beruang, atau Ursid, memiliki nenek moyang karnivora tetapi sejak itu berevolusi untuk memakan beragam makanan, yang memberi mereka kemampuan untuk menyebar ke lebih banyak wilayah dengan tidak secara langsung bersaing dengan karnivora penduduk.

"Itu hanya membuka lebih banyak sumber makanan daripada sekadar menjadi karnivora berprotein tinggi," kata Robbins.