Giliran Prancis Panaskan Mesin Kapal Selam Nuklir, Duguay-Trouin Mampu Menyelam 50 Hari

Selasa, 04 Oktober 2022 - 20:28 WIB
loading...
Giliran Prancis Panaskan Mesin Kapal Selam Nuklir, Duguay-Trouin Mampu Menyelam 50 Hari
Kapal selam kedua kelas Barracuda Prancis, Duguay-Trouin, berhasil memulai pengaktifan ruang ketel nuklirnya pada 3 Oktober 2022. Foto/Naval Group/BulgarianMilitary
A A A
PARIS - Kapal selam kedua kelas Barracuda Prancis, Duguay-Trouin, berhasil memulai pengaktifan ruang ketel nuklirnya pada 3 Oktober 2022. Pengaktifan ruang ketel nuklir , yang disebut divergensi, merupakan menyalakan untuk pertama kalinya reaksi nuklir terkontrol di jantung reaktor propulsi nuklir kapal selam.

Direktorat Jenderal Persenjataan Prancis (DGA) menjelaskan proses ini sebagai landasan dari keseluruhan proyek kapal selam kelas Barracuda. Ruang ketel nuklir untuk kapal selam program Barracuda dikembangkan di bawah manajemen proyek Komisi Energi Atom Prancis, yang bergantung pada Technic Atome dan Naval Group.

“Sebuah tonggak baru untuk program Barracuda, yang diujicobakan oleh DGA untuk kepentingan Angkatan Laut Prancis, dengan dimulainya ruang ketel nuklir Duguay-Trouin, kapal selam ke-2 dalam seri tersebut, yang saat ini sedang diselesaikan dan diuji di Cherbourg,” kata DGA dikutip SINDOnews dari laman Bulgarian Military, Selasa (4/10/2022).



Tahap ini akan dilanjutkan dengan uji coba laut sebelum pengirimannya pada tahun 2023. Propulsi nuklir kapal selam Barracuda memberi mereka radius operasi yang luar biasa. Lebih fleksibel daripada generasi sebelumnya, mereka dapat mengerahkan pasukan khusus dan menyerang target darat beberapa ratus km jauhnya.

Menurut rencana, Kementerian Pertahanan Prancis akan menerima enam kapal selam kelas Barracuda pada tahun 2030. Selain Duguay-Trouin dan kapal selam Suffren yang sudah ditugaskan, Prancis segera mendapatkan kapal selam De Grasse, Tourville, Rubis, dan Casabianca di tahun-tahun mendatang.

Kapal Selam Kelas Barracuda
Kapal selam nuklir multiguna kelas Barracuda harus menggantikan kapal selam kelas Rubis yang dibangun pada 1980-an sebagai bagian dari Angkatan Laut Prancis. Pada tahun 2006, pemerintah Prancis menandatangani kontrak dengan DCNS (sekarang Naval Group) untuk memasok armada nasional dengan enam kapal selam nuklir. Biaya kesepakatan diperkirakan mencapai 8 miliar euro.


Giliran Prancis Panaskan Mesin Kapal Selam Nuklir, Duguay-Trouin Mampu Menyelam 50 Hari


Kapal selam tipe Barracuda memiliki bobot 5.300 ton (di permukaan 4.700 ton), panjang lambung 99 meter, dan diameter 8,8 meter. Kemampuan menyelam maksimum lebih dari 350 meter dan kecepatan di bawah air lebih dari 25 knot.

Kapal selam kelas barracuda mampu menyelam selama 50 hari dengan membawa 65 awak. Kapal selam dapat menampung hingga 15 pesawat tempur MTR.

Dilengkapi dengan empat kendaraan 533 mm untuk torpedo F21 tugas berat. Persenjataan termasuk rudal anti-kapal SM-39 Exocet yang ditingkatkan dan rudal jelajah Scalp Naval untuk menghancurkan infrastruktur pantai.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1403 seconds (0.1#10.140)