Foto Satelit Rekam Kerusakan Akibat Badai Ian, Florida Porak-Poranda

Rabu, 05 Oktober 2022 - 09:46 WIB
loading...
Foto Satelit Rekam Kerusakan Akibat Badai Ian, Florida Porak-Poranda
Sejumlah foto satelit merekam kerusakan yang ditimbulkan Badai Ian ketika menggulung Florida, Amerika Serikat (AS), pada Minggu 2 Oktober 2022. Foto/NOAA/MAXAR/Space
A A A
FLORIDA - Sejumlah foto satelit merekam kerusakan yang ditimbulkan Badai Ian ketika menggulung Florida , Amerika Serikat (AS), pada Minggu 2 Oktober 2022. Terlihat sejumlah rumah porak-poranda dan fasilitas umum rusak akibat diterjang Badai Ian.

Badai Ian menggulung Florida dengan sangat kuat masuk Kategori 4, menyebabkan banjir parah di wilayah pesisir akibat gelombang badai dan hujan lebat. Badai Ian, yang menerjang pantai dengan kecepatan angin 250 km per jam menciptakan kerusakan parah.

Data Florida Today pada Senin 3 Oktober 2022, Badai Ian telah menewakan hampir 100 warga Florida. Satelit pengamat bumi yang dioperasikan oleh perusahaan swasta dan lembaga pemerintah memainkan peran penting dalam menilai seberapa luas kerusakan yang terjadi.

Baca juga; Badai Matahari Ganggu Komunikasi Radio, Penanganan Korban Badai Ian Terkendala

Satelit dapat memberikan informasi ke area yang mungkin masih di luar jangkauan tim penyelamat berbasis darat. Satelit yang dimiliki oleh perusahaan AS Maxar Technologies menangkap kehancuran di sepanjang pantai di Fort Myers, di County Lee, di pantai barat Florida.

“Seluruh lingkungan musnah oleh gelombang badai, akibat permukaan laut yang naik lebih dari 3,7 meter di atas tingkat pasang surut normal,” tulis Sky News dikutip SINDOnews dari laman Space.com, Rabu (5/10/2022).

Membandingkan gambar yang diambil sebelum dan sesudah amukan Ian menunjukkan perbedaan di sekitar pantai Fort Myers: Desa nelayan di sekitar dermaga tampak hancur total oleh badai, dan begitu juga banyak rumah di sekitar bulevar utama.

Baca juga; Badai Ian Menerjang, 3 Wilayah AS Berlakukan Keadaan Darurat

Gambar yang dikumpulkan oleh Planet, menunjukkan jalan lintas yang menghubungkan Pulau Sanibel ke daratan Florida, runtuh. Gambar beresolusi lebih rendah yang diambil oleh satelit yang dioperasikan oleh program pemantauan lingkungan Copernicus Eropa dan Administrasi Kelautan dan Atmosfer Nasional (NOAA) menunjukkan limpasan air gelap dan kotor dari pantai yang banjir mengubah warna Teluk Meksiko yang keruh.
Foto Satelit Rekam Kerusakan Akibat Badai Ian, Florida Porak-Poranda


Satelit NOAA 20 menangkap pemandangan malam Florida yang menunjukkan lampu menyala kembali di banyak daerah. Jaringan listrik telah dipulihkan setelah pemadaman meluas setelah badai berlalu.

Diketahui musim badai Atlantik 2022 awalnya terbentuk lambat di atas lautan sepanjang bulan Agustus. Sejak saat itu, aktivitasnya meningkat. Hanya satu minggu sebelum Badai Ian, Badai Fiona menghantam Porto Rico.

Baca juga; Hindari Ancaman Badai Ian, NASA Amankan Roket Artemis 1
Foto Satelit Rekam Kerusakan Akibat Badai Ian, Florida Porak-Poranda


Sisa-sisanya sampai ke Kanada, fenomena tidak biasa yang mungkin ada hubungannya dengan perubahan iklim. Setelah menerjang Florida, Badai Ian mendapatkan kembali kekuatannya di atas Samudra Atlantik sebelum mendarat untuk kedua kalinya di Carolina Selatan, memutus aliran listrik ke 200.000 rumah dan menyebabkan banjir yang menghancurkan.

Sementara sisa Badai Ian sekarang menjatuhkan hujan di New York dan New England, badan meteorologi setempat juga memantau Badai Tropis Orlene, yang masuk Kategori 1 di barat daya Meksiko pada Senin 3 Oktober dengan curah hujan lebih dari 25 sentimeter di pantai.
(wib)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2484 seconds (11.210#12.26)