Jangan Dibunuh! Ini 9 Tips Agar Ular Tidak Mendekat ke Rumah di Musim Hujan

Sabtu, 08 Oktober 2022 - 18:05 WIB
loading...
Jangan Dibunuh! Ini 9 Tips Agar Ular Tidak Mendekat ke Rumah di Musim Hujan
Ular berupaya mencari teman yang paling nyaman, yang memberikan mereka makanan dan perlindungan. Foto: ist
A A A
JAKARTA - Musim hujan di akhir tahun warga masyarakat harus siap-siap ini: menemukan ular di sekitar rumah mereka. Menurut Aji Rachmat, Ketua Yayasan Sioux Ular Indonesia , Oktober-Desember adalah waktu dimana telur-telur ular mulai menetas.

Selanjutnya, ular akan mencari tempat yang nyaman bagi mereka untuk mencari makan dan berkembang biak. Termasuk juga di wilayah perumahan warga. Terutama yang dekat dengan rawa atau sungai.

Karena itu, Aji memberikan tips agar ular tidak mendekat ke dalam rumah. Berikut beberapa diantaranya:

1. Bersihkan rutin area yang rimbun dan tidak tersentuh. Potong rumput tinggi. Gelar kerja bakti warga agar ular bergeser keluar kawasan. Jika beruntung ditemukan telur ular, segera dipindahkan (jangan di musnahkan).

2. Pasang jebakan tikus, kurangi dan hilangkan tikus di dalam rumah dan di area yg tak terawat. Bau tikus mengundang ular datang.

3. Pasang lampu penerang di halaman rumah untuk memantau pergerakan satwa di sekitar rumah.

4. Ular tidak takut pada hal-hal seperti garam, tali ijuk, sabut kelapa, ataupun belerang tabur.

5. Ular cenderung menghindari bau menyengat yang tidak alami diruang tertutup. Caranya seperti memasang obat nyamuk elektrik di gudang, memasang semprotan pengharum ruangan otomatis di ruang tertutup. Ular akan mencari udara segar agar daya penciumannya tidak terganggu.

6. Siapkan alat bantu penanganan ular. Dapat berupa hook, grabstick, tongkat, bahkan cukup dengan sapu. Juga di siapkan senter agar pergerakan ular terlihat.

7. Simpan nomer darurat Indonesia Snake Rescue atau kontak Pemadam Kebakaran terdekat untuk membantu penanganan ular.

8. Dalam hal ada kasus gigitan, cek dan data kontak Fasilitas Kesehatan terdekat yang menyediakan Serum Anti Bisa Ular (SABU). Siapkan pula alat imobilisasi minimal satu RT/RW siap satu set.



9. Meskipun hanya 20% ular yang berbisa mematikan, sebaiknya jangan pegang ular jika belum terlatih. Bekali keluarga di rumah terutama anak-anak dan atau asisten rumah tangga untuk tidak menangkap/membunuh ular yang masuk ke dalam rumah. Segera kontak tim rescue agar tidak terjadi salah penanganan.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 2.7004 seconds (0.1#10.140)