Aktor Star Trek Ceritakan Pengalaman ke Luar Angkasa dengan Tiket Rp300 Miliar

Senin, 10 Oktober 2022 - 07:30 WIB
loading...
Aktor Star Trek Ceritakan Pengalaman ke Luar Angkasa dengan Tiket Rp300 Miliar
Aktor Star Trek William Shatner membagikan cerita pengalaman ke luar angkasa yang menurutnya menakutkan. Foto: ist
A A A
AMERIKA - Seperti apa rasanya melakukan perjalanan ke luar angkasa bagi orang yang bukan astronot ?

William Shatner , aktor pemeran Star Trek , menceritakannya dengan detail dalam buku Boldly Go: Reflections on a Life of Awe and Wonder. Menurut dia, perjalanan luar angkasa memberikan perasaan yang unik dan aneh. Ia bahkan menyebut bahwa dirinya merasakan "kesedihan yang luar biasa".

Shatner memang menerima undangan langsung dari pendiri Amazon, Jeff Bezos.

”Saya menyukai misteri alam semesta. Bintang-bintang meledak bertahun-tahun yang lalu, cahayanya menuju kita bertahun-tahun kemudian. Ada juga lubang hitam menyerap energi, satelit yang menunjukkan kepada kita seluruh galaksi di daerah yang dianggap sama sekali tidak memiliki materi. Semua itu telah menggetarkan saya selama bertahun-tahun,” beber pemeran Kapten James T. Kirk di serial Star Trek tersebut.

Menurut Shatner, ketika dirinya akhirnya berada di luar angkasa, pandangannya berubah. ”Seperti tidak ada kekaguman yang luar biasa untuk dilihat. Hanya ada kematian," tulisnya.

Aktor Star Trek Ceritakan Pengalaman ke Luar Angkasa dengan Tiket Rp300 Miliar

“Saya melihat kekosongan yang dingin, gelap, dan hitam. Tidak seperti kegelapan yang dapat Anda lihat atau rasakan di Bumi. Itu terasa dalam, menyelimuti, mencakup segalanya,” ia menambahkan.

Shatner juga mengaku sedih terhadap apa yang dilakukan manusia ke bumi. “Setiap hari kita dihadapkan dengan berita tentang penghancuran Bumi di tangan kita. Ada kepunahan spesies hewan, flora dan fauna. Hal-hal yang butuh waktu lima miliar tahun untuk berevolusi, dan tiba-tiba kita tidak akan pernah melihatnya lagi karena campur tangan umat manusia. Itu membuat saya ketakutan. Perjalanan saya ke luar angkasa seharusnya menjadi perayaan.
Sebaliknya, bagi saya terasa seperti pemakaman.”

Blue Origin adalah perusahaan roket luar angkasa yang didirikan oleh Jeff Bezos pada 2000. Mereka telah berulang kali berhasil menerbangkan awak ke luar angkasa lewat roket New Shepard, mengirim penumpang di ketinggian 100 km. Penumpang akan merasakan sensasi nol gravitasi, sebelum kapsul kembali mendarat di bawah parasut.

Aktor Star Trek Ceritakan Pengalaman ke Luar Angkasa dengan Tiket Rp300 Miliar

William Shatner saat baru saja mendarat dari luar angkasa. Foto: ist

Wisata luar angkasa ini terbuka untuk siapapun yang memiliki uang. Tiketnya mencapai USD20 juta atau Rp300 miliar. Bezos sendiri sempat mengundang sejumlah selebritis dan orang penting untuk bisa merasakan langsung terbang menggunakan roket luar angkasa. Termasuk Shatner dan mantan bintang NFL Michael Strahan.

Bezos sempat mencoba langsung New Shepard pada 2021.

Tentu, meski sangat mahal, perjalanan ke luar angkasa bukannya tanpa risiko. Bulan lalu, mesin pendorong New Shepard menyala selama pendakian, menyebabkan sebuah roket jatuh di gurun Texas.


Kapsul yang untungnya tidak memiliki awak, berhasil diterbangkan dari roket dan diterjunkan dengan aman kembali ke darat. Shatner, yang saat terbang berusia 90 tahun sangat menyadari risikonya. Dia menulis: “Kru darat terus meyakinkan kami di sepanjang jalan. Semuanya akan baik-baik saja. Jangan khawatir tentang apa pun. Tidak apa-apa,”.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1667 seconds (0.1#10.140)