Mengerikan, Paus Orca Membantai Hiu Putih Besar dan Memakan Jantungnya

Senin, 10 Oktober 2022 - 12:05 WIB
loading...
Mengerikan, Paus Orca Membantai Hiu Putih Besar dan Memakan Jantungnya
Rekaman drone menunjukkan sekelompok paus pembunuh menyerang dan membunuh hiu putih besar di Afrika Selatan. Foto: dok Christiaan Stopforth
A A A
AFRIKA SELATAN - Hiu putih besar atau great white shark dianggap sebagai raja lautan. Termasuk di film-film Hollywood. Hiu tersebut memiliki ukuran yang sangat besar, gigi tajam, dan begitu mengerikan. Tapi, sebuah rekaman video terbaru di Afrika Selatan menunjukkan bagaimana hiu putih raksasa itu malah jadi buruan paus pembunuh Orca .

Sebuah rekaman drone menunjukkan bagaimana sekelompok paus pembunuh menyerang dan membantai hiu putih besar di Afrika Selatan. Lalu, memakan hatinya.

Pada bulan Juni, para peneliti melaporkan bahwa dua orca jantan (Orcinus orca) telah menyerang setidaknya delapan hiu putih besar (Carcharodon carcharias) di dekat pantai Gansbaai Afrika Selatan sejak mereka pertama kali terlihat pada 2017.

Mengerikan, Paus Orca Membantai Hiu Putih Besar dan Memakan Jantungnya

Ternyata, kejadian itu terulang lagi. Dan kali ini diabadikan dengan sangat detail lewat video dari drone.

Ini adalah pertama kalinya seekor Orca terlihat beraksi menyerang hiu putih besar, menurut studi yang diterbitkan 3 Oktober 2022 di jurnal Ecology.

Sebelumnya, semua serangan paus terhadap hiu di wilayah tersebut hanya disimpulkan dari bangkai hiu yang dimutilasi yang terdampar di pantai Gansbaii.

“Perilaku ini belum pernah disaksikan secara detail,” kata penulis studi Alison Towner, ilmuwan senior hiu di Marine Dynamics Academy di Gansbaai, Afrika Selatan.

Mengerikan, Paus Orca Membantai Hiu Putih Besar dan Memakan Jantungnya

Paus Orca acap disebut paus pembunuh dan bisa berburu dalam kelompok. Foto: ist

Paus Orca memburu hiu putih besar dengan strategi berkelompok. Dari video terlihat bahwa hiu putih itu tidak melarikan diri, dan berupaya melawan dan menghindar dengan cara berputar-putar di air. Strategi ini juga digunakan oleh anjing laut saat menghindari hiu.

Tapi ternyata paus Orca terlalu pintar. Strategi itu tidak efektif melawan Orca, yang merupakan hewan sosial yang berburu secara berkelompok.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1872 seconds (11.97#12.26)