5 Bahan Kimia yang Paling Mudah Meledak dan Biasa Dijadikan Bom

Senin, 10 Oktober 2022 - 13:33 WIB
5 Bahan Kimia yang Paling Mudah Meledak dan Biasa Dijadikan Bom
5 Bahan Kimia yang Paling Mudah Meledak . FOTO/ IST
Bahan kimia yang paling mudah meledak dan bisa dijadikan bahan peledak banyak beredar dipasaran.Bahan kimia ini tidak bisa dipisahkan menjadi sebuah komponen dengan sebuah metode pemisahan fisika.

Biasanya, zat kimia atau bahan kimia bisa juga disebut sebagai unsur kimia, senyawa kimia, ion ataupun paduan.

Banyaknya laboratorium yang ada di seluruh dunia, ternyata sudah merancang adanya pembuatan bahan peledak untuk sebuah kepentingan dalam kondisi tertentu. Biasanya biasanya di sejumlah negara digunakan untuk pembuatan nuklir. Namun terlepas dari itu, mari simak pembahasan mengenai lima bahan kimia yang mudah meledak.

1. TNBA (2,4,6-trinitrobenzoic acid)

Bahan ini merupakan bahwa senyawa organik dan merupakan turunan qasam benzoate yang paling memiliki daya ledak yang tinggi. Asam 2,4,6-trinitrobenzoat ini dibuat dengan TNT atau trinitrotoluene dan asam nitrat dengan adanya klirat serta dikromat di dalamnya. Ketika mengalami pemanasan, bahan ini akan mengalami dekarboksilasi yang bisa menghasilkan 1,3,5-trinitrobenzena.

2. TNT (trinitrotoluene)

Salah satu bahan kimia yang paling mudah meledak dan paling umum dikenal adalah trinitrotoluene. Banyak sekali masyarakat yang keliru mengenal bahan kimia ini sehingga sering disebut sebagai dinamit.

TNT sendiri adalah padatan kuning yang pertama kali diproduksi sebagai pewarna di tahun 1863. Bahan kimia ini tidak meledak secara tiba-tiba sehingga sangat mudah untuk ditangani. TNT akan mudah meledak apabila mengenai sumber panas dengan kekuatan yang besar, biasanya karena kelompok nitri yang berada di dalam molekul yang dapat dengan cepat berubah menjadi gas nitrogen. Bahan ini juga bisa dicairkan dan dituangkan kedalam bejana sehingga membuatnya sangat ideal untuk digunakan. Hal ini menjadikannya sebagai bahan peledak yang relatif aman.

3. PETN (pentaerythritol tetranitrate)