Ingin Kuasai Matahari, China Sukses Kirim Satelit Pengamat Kuafu-1

Selasa, 11 Oktober 2022 - 06:00 WIB
loading...
Ingin Kuasai Matahari, China Sukses Kirim Satelit Pengamat Kuafu-1
Matahari memiliki dua energi yang sangat penting. Foto/WIONEWS.
A A A
JAKARTA - China akhirnya berhasil mengirim satelit khusus pengamat matahari yang diberi nama Kuafu-1. Nama itu diambil dari mitologi China mengenai seorang raksasa yang ingin menangkap dan menaklukkan matahari.

Satelit Advanced Space-based Solar Observatory (ASO-S) itu menurut National Astronomical Observatory of the Chinese Academy of Sciences diluncurkan di atas roket pembawa Long March-2D.

Satelit Kuafu-1 sangat penting karena saat ini jadi teleskop satelit dekat bumi pertama di dunia yang secara komprehensif akan memantau seluruh kondisi matahari. Gan Weiqun, peneliti dari Purple Mountain Observatory (PMO) di bawah Chinese Academy of Sciences (CAS) mengatakan satelit itu akan mengobservasi semburan matahari, lontaran massa korona dan medan magnet matahari.

Dia mengatakan satelit Kuafu-1 akan memiliki banyak keuntungan ketika berada di luar angkasa. Pasalnya teleskop yang ada di bumi saat ini selalu terhambat dengan rotasi bumi. Jadi matahari hanya dapat diobservasi pada siang hari.

Baca juga : Menunggu Jatah Ratusan Mobil Listrik Bekas KTT G20 Bali

Ingin Kuasai Matahari, China Sukses Kirim Satelit Pengamat Kuafu-1


Berbeda dengan Kuafu-1 yang bisa terus menerus tanpa henti mengamati matahari. Pasalnya posisinya ada di luar bumi dan tidak terpengaruh oleh rotasi bumi.

"Satelit ini bisa menyelidiki matahari 24 jam setiap hari hampir sepanjang tahun. Satu-satunya time out kurang lebih tidak lama dari 18 menit," jelas Gan Weiqun.

Huang Yu, Associate Chief Designer dari Kuafu-1 mengatakan setiap harinya satelit itu akan mengirimkan data sebesar 500 gigabyte. Data itu setara dengan puluhan ribu gambar berkualitas tinggi.

Baca juga : Tragedi Nuklir Chernoby Hasilkan Katak Mutasi Berwarna Hitam Gelap
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1860 seconds (11.210#12.26)