Profil Studio Morphosis, Arsitek Perancang Kota Masa Depan Futuristik The Line di Arab Saudi

Selasa, 11 Oktober 2022 - 23:06 WIB
loading...
Profil Studio Morphosis, Arsitek Perancang Kota Masa Depan Futuristik The Line di Arab Saudi
Studio Morphosis merancang The Line sebagai kota masa depan yang dapat meningkatkan kualitas hidup manusia. Foto: ist
A A A
JAKARTA - Arab Saudi membuat heboh lewat proyek bernama The Line pada pertengahan tahun ini. The Line adalah kota inovatif, membentang di gurun pasir sejauh 170 kilometer dan diklaim bisa menampung 9 juta orang.

Desain kota The Line cukup unik. Sebab, berbentuk horizontal yang hanya memiliki lebar sebesar 200 meter.

Wilayah perkotaan ini digadang-gadang dapat meningkatkan kenyamanan hidup manusia dan mengatasi masalah yang akan dihadapi umat manusia pada masa depan.

Struktur perkotaan The Line akan dirancang oleh perusahaan arsitek asal California yakni US Morphosis.

US Morphosis berdiri pada 1972, dikenal sebagai studio desain yang telah merancang bangunan-bangunan ikonik dan bangunan urban yang inovatif. Morphosis memiliki lebih dari 50 orang arsitek profesional.

Morphosis berasal dari istilah Yunani, yang artinya membentuk atau berada dalam formasi.

Bangunan yang dirancang Morphosis umumnya memiliki desain kreatif yang melibatkan masyarakat dan budaya kontemporer. Proyek yang diterima Morphosis berkisar dari skala perumahan, kelembagaan, bangunan sipil, hingga perencanaan kota besar. Ciri khas desain Morphosis adalah menanamkan energi kreatif dan mengedepankan desain fungsional.

Profil Studio Morphosis, Arsitek Perancang Kota Masa Depan Futuristik The Line di Arab Saudi

KantorStudio Morphosis di Amerika.

Pendiri Studio Morphosis adalah arsitek bernama Thom Mayne yang lahir di Waterbury, Connecticut, pada 19 Januari 1944. Thom memulai kariernya dengan bekerja sebagai perencana untuk Victor Gruen selam dua tahun.

Kariernya sempat turun saat ia dipecat oleh perusahaan. Hingga akhirnya Thom dan beberapa temannya mendirikan Institut Arsitektur California Selatan (SCI-Arc).

Setelah melewati perjalanan panjang, Morphosis akhirnya terbentuk. Proyek pertama rancangan Morphosis adalah gedung sekolah baru. Usai proyek pertamanya itu, Morphosis memenangkan penghargaan Arsitek Progresif pertamanya pada 1974. Akhirnya, Morphosis mulai menerima proyek-proyek besar lainnya.

BACA JUGA: Dua Planet Baru Mirip Bumi Ditemukan, Setahun Disana Hanya 8 Hari di Bumi

Beberapa bangunan dunia yang pernah dirancang Morphosis adalah Gedung Pencakar Langit Hanking Center di Shenzhen, China, aula pertunjukan budaya Athena di University of Texas di Dallas, klub malam Viper Room di Los Angeles, dan Orange County Museum of Art di California.
(dan)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1458 seconds (10.55#12.26)