6 Lubang Terdalam di Dunia yang Bikin Bulu Kuduk Merinding

Jum'at, 14 Oktober 2022 - 19:49 WIB
loading...
6 Lubang Terdalam di Dunia yang Bikin Bulu Kuduk Merinding
6 Lubang terdalam di dunia . FOTO/ IST
A A A
MOSCOW - Lubang terdalam di dunia ini telah membuat fenomena unik namun sedikit mengerikan menurut sebagian orang. Bagaimana jika kita terjatuh ke dalam lubang yang dalam tersebut, sebenarnya hanya dengan membayangkannya saja sudah membuat bulu kuduk merinding.



Manusia memang tak pernah puas, begitu juga dengan akal fikiran manusia. Kita sebagai manusia pasti ingin tahu apa yang ada di dalam Bumi ini. Mungkin di antara kita pernah bertanya-tanya apa saja yang ada di dasar bumi. Dari sini, mengundang banyak orang yang ingin tahu dan meneliti tentang interior Bumi.

Menggali lubang lurus ke bawah tampaknya menjadi cara yang paling efektif untuk mempelajari interior Bumi. Banyak lubang yang telah digali untuk tujuan penelitian dan komersial. Namun, dengan menggali tersebut kita hanya menggores permukaan Bumi kita. Jika Bumi diibaratkan dengan sebuah telur, kita bahkan belum menembus cangkangnya.

Sebenarnya, Bumi memang memiliki cangkang yang bisa disebut kerak Bumi. Kerak Bumi ini dipecah menjadi banyak lempeng yang lebih kecil yang meluncur sangat lambat di atas bahan yang lebih mobile atau ‘plastik’ yang disebut dengan atenosfer.

Kita tidak bisa menggali sampai ke pusat bumi, tapi itu manusia menghentikan kita untuk mencoba dan terus menggali bumi. Apakah upaya eksplisit untuk menggali lubang melalui mantel bumi atau beberapa tambang terbuka terliar di dunia? umat manusia telah melakukan beberapa penggalian serius.

Lalu, tahukah kamu bahwa ada banyak lubang terdalam di dunia? Berikut telah dirangkum 6 lubang terdalam di dunia.

1. Kola Superdeep Borehole, Rusia

Kola Superdeep Borehole atau Lubang bor superdalam kola adalah hasil dari proyek pengeboran ilmiah di Uni Soviet tepatnya di Distrik Pechengsky, di Semenanjung Kola. Proyek ini berusaha mengebor sedalam mungkin ke dalam kerak Bumi. Dengan kedalaman 12.262 meter, sejak tahun 1989 dan menjadi titik buatan terdalam di Bumi.

Pengeboran ini dimulai pada 24 Mei 1970 menggunakan Uralmash-4E, dan kemudian rig pengeboran seri Uralmash-15000. Lubang bor ini dibor dengan bercabang dari lubang pusat. Lubang bor tersebut berdiameter 23 sentimeter. Setelah lima tahun, lubang ini telah mencapai 7 m (sekitar 23.000 kaki).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2029 seconds (0.1#10.140)