Menilik Hubungan Hantu dan Hukum Termodinamika

Senin, 17 Oktober 2022 - 17:57 WIB
loading...
Menilik Hubungan Hantu dan Hukum Termodinamika
Hantu merupakan sosok makhluk halus yang banyak dipercaya oleh masyarakat akan kehadirannya. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Hantu merupakan sosok makhluk halus yang banyak dipercaya oleh masyarakat akan kehadirannya. Makhluk ini digambarkan sebagai sosok yang menakutkan dan kerap mengganggu kehidupan manusia.

Pada dasarnya manusia tidak dapat melihat maupun berinteraksi dengan makhluk ghaib. Untuk itu, tak sedikit orang yang memiliki pengalaman melihat hantu bahkan menjadikan dirinya sebagai sosok paranormal atau indigo.

Baca juga : Kisah Anak Indigo yang Bisa Melihat Makhluk Halus

Lantas seberapa percaya orang terhadap hantu dalam kehidupan?

Menurut orang yang mempercayainya, hantu berada di alam lain, tidak kasat mata, namun terkadang bisa disadari kehadirannya dan terlihat di saat-saat tertentu.

Meski begitu keberadaan hantu yang berdasarkan keyakinan ini memang akan sulit bila dikaitkan dengan hal-hal berbau sains.

Bila memang hantu itu ada, maka harusnya makhluk tersebut terdiri dari materi berunsur molekul, gas, ion atau sesuatu lain. Atau bahkan terdiri atas sebuah zat yang belum diketahui keberadaannya oleh para ilmuwan.

Dilansir dari researchgate.net, Fisikawan Brian Cox dalam podcast "The Infinite Monkey Cage" mengatakan, hantu tidak ada. Menurutnya, hantu tak ada sebab keberadaan hantu melanggar Hukum II Termodinamika.

Hukum tersebut menyatakan total entropy (besaran dalam termodinamika) dalam sistem selalu meningkat, artinya energi hilang dan berubah menjadi panas.

Baca juga : Bagaimana Mengetahui Tanda-tanda Ada Makhluk Halus di Sekitarmu?
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1225 seconds (0.1#10.140)