Selasa, 18 Oktober 2022 - 21:02 WIB
Waspada, Ditemukan 2 Spesies Nyamuk Baru Terkait Penyebaran Malaria Cerebral
Dua spesies nyamuk baru ditemukan di Sri Lanka, dan salah satunya dikaitkan dengan penyebaran penyakit Malaria Cerebral. Foto/dailynews
COLOMBO - Dua spesies nyamuk baru ditemukan di Sri Lanka, dan salah satunya dikaitkan dengan penyebaran penyakit Malaria Cerebral. Dua spesies nyamuk yang baru diidentifikasi, yaitu Culex sintellus dan Culex niyainfula, ditemukan di daerah Mirigama dan Kalutara.

Dikutip dari laman Adaderana, Selasa (18/10/2022), pejabat National Organizer of the Association of Health Entomology, Disnaka Dissanayake menyebutkan, dua spesies nyamuk tersebut dilaporkan telah diidentifikasi sebelumnya di Thailand dan India. Culex niyainfula, telah disebut sebagai spesies nyamuk Culex infilula tersebar luas di India.

Culex niyainfula, salah satu dari dua spesies nyamuk yang baru ditemukan di pulau tersebut, terkait dengan penyebaran penyakit yang disebut Malaria Cerebral. Sedangkan Culex sintellus, belum dilaporkan sebagai vektor penyakit apa pun di seluruh dunia.

Penelitian lanjutan sedang dilakukan untuk mengetahui apakah spesies itu adalah vektor aktif di Sri Lanka. Namun, Disnaka Dissanayake menyebutkan, Departemen Entomologi Institut Penelitian Medis Sri Lanka (MRI) telah mengidentifikasi dua spesies nyamuk baru ini menambah keanekaragaman hayati.

Dikutip dari laman news-medical, malaria serebral adalah komplikasi neurologis serius dari malaria berat yang menyerang sekitar 1% anak di bawah usia 5 tahun yang telah terinfeksi Plasmodium falciparum. Setiap tahun, malaria mempengaruhi sekitar 219 juta orang, dengan sekitar 500.000 orang meninggal setiap tahun akibat penyakit ini.

Diperkirakan sekitar 93% orang yang meninggal karena malaria berada di sub-Sahara Afrika, banyak di antaranya berusia di bawah 5 tahun. Manusia biasanya mendapatkan malaria setelah digigit oleh nyamuk betina yang terinfeksi dari genus Anopheles.

Waspada, Ditemukan 2 Spesies Nyamuk Baru Terkait Penyebaran Malaria Cerebral

Disnaka Dissanayake menambahkan, lembaga terkait melakukan penelitian lebih lanjut tentang penyebaran dan dampak spesies nyamuk baru terhadap keanekaragaman hayati Sri Lanka. Apalagi sebelumnya, tiga spesies nyamuk baru juga telah ditemukan oleh pejabat entomologi di Sri Lanka.

Selanjutnya sampel dari empat spesies nyamuk lain yang ditemukan di negara itu telah dikirim ke universitas Korea untuk proses identifikasi genetik. Langkah ini untuk mengetahui keberadaan dan penyebaran nyamuk spesies baru ini.