6 Fakta Titanoboa, Spesies Ular Terbesar yang Pernah Hidup di Muka Bumi

Rabu, 19 Oktober 2022 - 19:09 WIB
Menurut National Geographic, dari fosil tulang belakang Titanoboa menunjukkan bahwa panjangnya mencapai 13 meter (42 kaki). Sementara beratnya dapat mencapai 1 ton.

Ini membuktikan bahwa titanoboa merupakan ular terbesar yang pernah hidup di Bumi. Untuk saat ini saja ular terbesar yang masih hidup hanya berukuran sekitar 7-10 meter.

Baca juga : Kulit Ular Raksasa Ditemukan, Sungai Thames Disinyalir Jadi Sarang Kerabat Titanoboa

4. Makanan Titanoboa

Para ilmuwan percaya bahwa ular ini kebanyakan memakan ikan. Mereka sampai pada kesimpulan ini karena langit-langit ular dan jumlah serta anatomi giginya.

Ikan tersebut kemungkinan besar adalah jenis lungfish atau jenis ikan bertulang yang disebut osteoglossomorphs, yang sebagian besar sudah punah. Namun dimungkinkan juga bahwa ular raksasa ini memakan buaya, burung hingga kura kura.

5. Habitat Titanoboa

Habitat asli ular Titanoboa ini sangat mirip dengan habitat asli Anaconda yakni di daerah yang lembab dan bersuhu tropis seperti di wilayah Amerika Selatan. Ini karena fosil ular tersebut memang ditemukan di daerah Peru dan Kolombia.

Diketahui bahwa pada masa titanoboa masih hidup temperatur di Bumi dapat mencapai 90 derajat celcius,. Pada suhu yang demikian panas dan lembab, ular ini bisa tumbuh lebih besar.

6. Penyebab Kepunahan Titanoboa