Gawat! Sekelompok Astronom Prediksi Badai Antariksa Akan Mematikan Internet Bertahun -tahun

Kamis, 27 Oktober 2022 - 06:04 WIB
loading...
Gawat! Sekelompok Astronom Prediksi Badai Antariksa Akan Mematikan Internet Bertahun -tahun
Badai di antariksa akan putus jaringan internet bertahun-tahun. FOTO/ IST
A A A
CANBERRA - Sekelompok ilmuwan telah memperingatkan badai besar di ruang angkasa yang dapat memicu 'akhir internet' dalam beberapa dekade mendatang.

BACA JUGA - Badai Matahari Menghantam selama Akhir Pekan

Seperti dilansir dari Daily Star Kamis (26/10/2022), Insiden ini diperkirakan akan menyebabkan gangguan online sebulan atau bahkan selama setahun dengan merusak satelit dan saluran listrik, kata para ilmuwan.

“Berdasarkan data yang tersedia, ada sekitar satu persen peluang untuk melihat badai lain dalam beberapa dekade mendatang,''

“Namun, kami tidak tahu bagaimana memprediksi atau apa bahaya mungkin karena itu. Kemungkinan ini agak mengkhawatirkan, dan meletakkan dasar untuk penelitian lebih lanjut, ”Dr. Benjamin Pope dari Universitas Queensland di Australia.

Tim ilmuwan menggunakan lapisan pada batang kayu untuk memprediksi fenomena seperti itu.

Letusan besar radiasi kosmik yang dikenal sebagai peristiwa Miyake terjadi sekitar setiap 1.000 tahun tetapi penyebabnya tidak jelas.

“Teori utamanya adalah letusan besar matahari. Kita perlu tahu lebih banyak karena jika salah satu dari mereka terjadi hari ini, itu akan menghancurkan teknologi termasuk satelit, kabel internet, saluran listrik jarak jauh dan transformator,''

"Dampak pada infrastruktur global juga tidak dapat dibayangkan," tambah Paus. -
(wbs)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2595 seconds (11.97#12.26)