10 Hewan Paling Mematikan yang Hidup di Bumi

Kamis, 27 Oktober 2022 - 11:54 WIB
loading...
A A A
Sementara banyak orang takut pada ular besar seperti boa constrictors dan anaconda, ular yang paling banyak menyebabkan kematian sebenarnya adalah ular beludak bersisik gergaji yang panjangnya hanya tiga kaki.

Ada pula spesies yang disebut ular karpet, ular ini tinggal di Afrika, Timur Tengah, dan India, dan betina dari spesies ini dua kali lebih berbisa daripada jantan.

1. Nyamuk
Nyamuk ternyata merupakan hewan yang paling mematikan, paling berbahaya di dunia dan juga salah satu yang terkecil. Nyamuk diperkirakan menyebabkan antara 750.000 dan satu juta kematian manusia per tahun.

Mereka adalah sumber bagi banyak penyakit yang mematikan untuk manusia diantaranya adalah malaria, demam berdarah, dan virus West Nile dan Zika. Malaria sendiri pun menyumbang lebih dari setengah juta infeksi fatal setiap tahun.

Hanya nyamuk betina yang menghisap manusia sedangkan yang jantan hanya memakan nektar. Beberapa ilmuwan memperkirakan bahwa setengah dari semua kematian manusia sejak awal spesies kita mungkin disebabkan oleh penyakit yang ditularkan oleh nyamuk.

Bahkan tanpa perkiraan sejarah yang begitu liar, nyamuk telah memantapkan tempatnya di nomor satu dalam daftar hewan paling mematikan dengan agresi mereka dan kematian hampir satu juta orang per tahun.

Untungnya, hanya segelintir spesies dalam daftar ini yang mampu melakukan serangan langsung dan disengaja pada manusia, dan sebagian besar kematian yang disebabkan oleh orang lain terjadi di daerah pedesaan atau negara berkembang dengan akses terbatas ke layanan kesehatan.

MG/Vadma Gempita
(wbs)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1048 seconds (0.1#10.140)