Ini 5 Alasan Benua Antartika Tak Dapat Dihuni Manusia, Nomor 4 Hewan pun Kesulitan

Jum'at, 28 Oktober 2022 - 12:00 WIB
Benua Antartika tak dapat dihuni manusia. Foto/Business Insider India
JAKARTA - Benua Antartika adalah benua dengan luas 14,4 juta kilometer per segi yang berada di bagian kutub selatan bumi. Letak astronomisnya berada di antara 66,5 derajat LS - 90 derajat LS, serta terletak di antara Samudra Pasifik dan Samudra Hindia,serta Samudera Atlantik.

Berikut batas-batas Benua Antartika, bagian utara dengan Laut Arktik, bagian selatan dengan Samudera Hindia, bagian timur dengan Samudera Pasifik dan Selat Bering, lalu bagian barat dengan Laut Merah, Laut Tengah, dan Pegunungan Ural.

Sejak awal, Benua Antartika tidak memiliki penduduk asli dan tidak ada bukti apapun yang tertinggal dari manusia zaman dulu. Namun, kini diperkirakan ada sekitar 1.000 orang yang singgah di Antartika , tepatnya di beberapa stasiun-stasiun.

Biasanya mereka adalah ilmuwan, peneliti, dan orang-orang berkepentingan saja. Misalnya Concordia Station, yakni pangkalan ilmiah tempat para ilmuwan melakukan penelitian mengenai iklim masa lalu. Tak hanya ilmuwan, ada pula profesi lain, seperti teknisi, dokter, dan juru masak.

Berikut 5 alasan Benua Antartika tidak dihuni oleh manusia:

1. Wilayah Titik Terdingin di Bumi

Temperatur suhu udara di Benua Antartika saat musim dingin mencapai -85° C sampai -90° C dan saat musim panas mencapai -55° C sampai -60° C. Tak heran, jika benua ini menjadi titik terdinginnya bumi.

2. Daratan yang Diselimuti Salju Abadi

Selanjutnya, dampak dari daerah yang menjadi titik terdingin di bumi adalah turunnya salju lebat. Tercatat, hujan salju paling ekstrim pernah terjadi selama 48 jam dan berhasil menutupi daratan dengan salju berketebalan 48 inch atau sekitar 1,2 meter.