5 Fakta Ikan Candiru, Dijuluki Vampir Brasil yang Suka Bau Urine Manusia

Sabtu, 29 Oktober 2022 - 16:22 WIB
loading...
A A A
3. Tertarik dengan Bau Urine Manusia
Ikan Candiru sangat tertarik dengan bau, khususnya bau urine manusia. Disarankan tidak buang air kecil ketika berenang atau berendam di sungai Amazon. Ikan Candiri akan mengikuti aliran urine, berenang di dalam lubang dan menggunakan rangkaian duri untuk menempatkan dirinya di uretra, sehingga menyebabkan pendarahan.

Makanya, ikan Candiru kadang-kadang juga menyerang manusia dan diketahui masuk ke saluran kencing hewan yang mandi dan berenang. Begitu berada di Lorong organ vital itu, dia menegakkan duri pendek pada penutup insangnya. Akibatnya dapat menyebabkan peradangan, pendarahan, dan bahkan kematian pada korbannya.



4. Perenang yang Tidak Suka Matahari
5 Fakta Ikan Candiru, Dijuluki Vampir Brasil yang Suka Bau Urine Manusia


Ikan Candiru merupakan perenang yang cepat dan kuat, karena mempunyai tubuh yang halus dan berlendir. Meskipun kecil, ikan Candiru memiliki gigi tajam dan duri mengarah ke belakang pada insangnya.

Seperti kebanyakan ikan pembersih dan parasit, ikan Candiru tidak menyukai cahaya matahari. Untuk menghindari diri dari paparan sinar matahari, ikan Candiru mengubur diri di lumpur dan pasir di dasar sungai.



5. Sari Buah Pohon Jagua
Meminum sari buah hijau pohon Jagua, Genipa Americana L diyakini sebagai salah satu cara untuk mengusir ikan Candiru. Sari buah ini diseduh menjadi teh dan dikonsumsi, diduga menyebabkan kerangka ikan tersebut larut dan keluar dari tubuh korban dalam beberapa jam.

Versi sintetis dari minuman ini telah digunakan di masa lalu oleh ahli urologi untuk melarutkan 'kerak' kandung kemih dan batu ginjal. Cara lain untuk mengeluarkan ikan Candiru, apalagi bisa berada di dalam saluran uretra, adalah dengan pembedahan atau operasi. Perawatan melibatkan operasi ekstensif. Tanpa pengobatan, kematian dapat terjadi akibat sepsis.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2959 seconds (0.1#10.140)