NASA Berhasil Tangkap Foto Matahari yang Sedang Tersenyum

Senin, 31 Oktober 2022 - 07:00 WIB
loading...
NASA Berhasil Tangkap Foto Matahari yang Sedang Tersenyum
Warna hitam di mathari ternyata disebut sebagai lubang koronal. Foto: dok NASA
A A A
JAKARTA - Entah masih ada hubungannya dengan perayaan Halloween atau tidak. Yang jelas, NASA berhasil menangkap fenomena unik. Yakni, foto matahari yang sedang “tersenyum”. Seolah-olah, matahari hidup dan bahagia.

“Senyum! Hari ini, Solar Dynamics Observatory NASA menangkap Matahari sedang ‘tersenyum’. Ini terlihat dalam sinar ultraviolet. Tambalan gelap di Matahari ini dikenal sebagai lubang koronal dan merupakan daerah di mana angin matahari yang cepat menyembur ke luar angkasa,” cuit NASA melalui Twitter.

Matahari memang terus-menerus mengirimkan angin matahari. Kadang-kadang, badai geomagnetik ini diketahui mematikan listrik di Bumi, seperti yang terjadi di bagian Kanada pada 1989.

Ini bukan pertama kalinya Solar Dynamics Observatory menangkap gambar matahari yang unik.

BACA JUGA: Gunakan Hyper Charge 210W, HP Ini Terisi Penuh Hanya dalam 9 Menit!

Pada 2016, NASA merilis animasi matahari melakukan jungkir balik. Penangkapan itu adalah hasil dari manuver tujuh jam yang diselesaikan SDO setahun sekali untuk mengukur tepi bintang secara akurat.

Yang unik lagi memang foto ini dirilis NASA bertepatan dengan perayaan Haloween, sehingga di Twitter banyak warganet yang mengaitkan foto tersebut dengan berbagai karakter populer. Mulai dari Bayi Matahari di Teletubbies, Hantu Marshmellow di Ghost Buster, dan labu khas Haloween Jack-o'-lantern.
(dan)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.5303 seconds (10.55#12.26)