China Luncurkan Modul Sains Mengtian ke Stasiun Luar Angkasa Tiangong

Senin, 31 Oktober 2022 - 18:49 WIB
loading...
China Luncurkan Modul Sains Mengtian ke Stasiun Luar Angkasa Tiangong
China meluncurkan modul sains Mengtian ke stasiun ruang angkasa Tiangong menggunakan roket Chang Zheng 5B atau Long March 5B, Senin (31/10/2022). Foto/CGTN/NasaSpaceFlight
A A A
BEIJING - China meluncurkan modul sains Mengtian ke stasiun ruang angkasa Tiangong menggunakan roket Chang Zheng 5B atau Long March 5B, Senin (31/10/2022). Peluncuran modul Mengtian menandai penyelesaian fase awal pembangunan stasiun ruang angkasa Tiangong China.

Modul Mengtian memiliki ukuran panjang 17,9 meter, diameter 4,2 meter, dan berat sekitar 20.000 kg. Modul Mengtian akan menyediakan ruang untuk eksperimen sains di gravitasi nol, airlock untuk paparan ruang hampa udara, dan lengan robot kecil untuk mendukung ekstravehicular.

Mengtian dibagi menjadi tiga kompartemen. Kompartemen kerja kru adalah bagian bertekanan yang berisi rak penyimpanan untuk instrumen sains. Kemudian penampung antarmuka docking, akan menghubungkan Mengtian dengan modul inti Tianhe.



Di ujung Mengtian adalah modul kontrol. Ini memiliki slot untuk menyimpan eksperimen eksternal, antena komunikasi, dan dua susunan surya untuk menyediakan daya bagi stasiun. Panel surya awalnya disimpan agar sesuai dengan modul ke dalam fairing CZ-5B dan akan digunakan segera setelah peluncuran.

Salah satu eksperimen yang dilakukan adalah pengembangan jam atom dingin berbasis ruang angkasa, menggunakan hidrogen dan rubidium. Tujuannya untuk menghasilkan jam atom terdingin yang pernah ada, yang memungkinkan pengukuran waktu yang paling tepat.
China Luncurkan Modul Sains Mengtian ke Stasiun Luar Angkasa Tiangong


Eksperimen atom ultradingin bertujuan untuk mencapai suhu 10 picokelvin, yang akan memecahkan rekor suhu terendah yang pernah dicapai oleh umat manusia. Termasuk untuk melampaui eksperimen serupa yang telah dilakukan NASA di Cold Atom Lab di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS).

“(Jam) Itu tidak akan kehilangan satu detik pun waktu dalam ratusan juta tahun,” kata Zhang Wei, Direktur Pusat Pengembangan Pemanfaatan Ruang Angkasa dikutip dari laman Nasaspaceflight, Senin (31/10/2022).



Setelah di orbit, Modul Mengtian akan beroperasi dalam penerbangan bebas menyesuaikan orbitnya untuk pertemuan dengan Tiangong. Untuk persiapan kedatangannya, modul Wentian dipindahkan ke posisi terakhirnya di pelabuhan kanan stasiun pada 30 September. Ini akan membuat stasiun ruang angkasa Tiangong berbentuk-T, mengakhiri fase perakitannya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1865 seconds (0.1#10.140)