Kebisingan Suara Kapal Bikin Paus Beluga Tak Betah di Kutub Utara

Senin, 31 Oktober 2022 - 19:39 WIB
loading...
A A A
Dalam kasus lain, beluga yang berhadapan dengan kapal yang berisik akan melakukan penyelaman tajam berbentuk V. Mereka turun dan naik dengan cepat daripada tetap tenggelam seperti biasanya saat mencari makan.
Kebisingan Suara Kapal Bikin Paus Beluga Tak Betah di Kutub Utara


Di lain waktu, paus akan menyelam tepat di bawah permukaan dan menjauh dari kebisingan. Jika seekor beluga sudah berenang menjauh dari kapal, itu tidak akan mengubah arahnya, tetapi penelitian menunjukkan bahwa paus akan berenang lebih cepat daripada rata-rata ketika sebuah kapal berada dalam jangkauan pendengarannya.



Valeria Vergara, seorang ilmuwan mamalia laut di Raincoast Conservation Foundation yang tidak terlibat dalam penelitian tersebut, mengatakan temuan penelitian tersebut menegaskan kembali betapa sensitifnya beluga terhadap kebisingan. Ketika perahu yang bising lewat, kata Vergara, suaranya benar-benar mati atau menutupi vokalisasi beluga dan dapat menyebabkan stres kronis.

Tidak hanya itu, paus beluga berenang sejauh 50 kilometer di luar jalur untuk menghindari kebisingan akan menghabiskan energi yang sangat berharga di Arktik yang membeku. “Ketika berbicara tentang polusi suara di habitat yang sangat penting seperti tempat mencari makan, maka Anda memiliki masalah,” katanya.
(wib)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2028 seconds (0.1#10.140)