Rusia Temukan Mesin Izdelie yang Cocok untuk Pengebom Siluman PAK DA

Selasa, 01 November 2022 - 11:17 WIB
loading...
Rusia Temukan Mesin Izdelie yang Cocok untuk Pengebom Siluman PAK DA
Rusia telah mengembangkan dan memproduksi beberapa prototipe mesin baru Izdelie RF untuk menggerakkan Tupolev PAK DA, sistem pengebom udara siluman jarak jauh. Foto/TASS/BulgarianMilitary
A A A
MOSKOW - Rusia telah mengembangkan dan memproduksi beberapa prototipe mesin baru Izdelie RF untuk menggerakkan Tupolev PAK DA, sistem pengebom udara siluman jarak jauh. Mesin yang dikembangkan telah lulus pengujian dan akan segera dipasang pada prototipe PAK DA.

Kantor Berita Rusia TASS melaporkan mesin Izdelie akan diproduksi oleh perusahaan milik negara Rusia UEC-Kuznetsov, yang merupakan bagian dari Rostech. Untuk tujuan ini, perusahaan telah membangun fasilitas pengujian khusus untuk menguji mesin jenis ini saja.

Sumber perusahaan tersebut mengatakan bahwa awal tahun depan, Rusia akan siap untuk memulai uji terbang PAK DA dengan mesin baru. Dalam beberapa tahun terakhir, Moskow telah menginvestasikan dana yang signifikan dalam pengembangan mesin generasi ke-5. Tupolev PAK DA diharapkan akan didukung oleh mesin dengan spesifikasi serupa.



Dikutip dari laman Bulgarian Military, Selasa (1/11/2022), berbagai sumber menyebutkan bahwa mesin Izdelie tersebut terdiri dari bilah turbin tahan terhadap tekanan tinggi, itulah sebabnya Rusia membuatnya dari kristal tunggal. Dalam hal ini, baling-baling akan didinginkan oleh sistem pendingin baru yang akan menjamin kinerja bahkan pada suhu gas hingga 2000 derajat Kelvin.

Perancang mesin baru telah membuat perubahan signifikan pada desain bilah kipas mesin. Tidak seperti sebelumnya, sekarang lebar dan berongga, terbuat dari paduan titanium. Terpenting, ruang bakar terbuat dari paduan intermetalik untuk menjamin emisi rendah. Berbagai bahan komposit digunakan untuk menyerap suara, dan turbin tekanan rendah dibuat dari bilah berongga.

Tupolev PAK DA atau PAK DA, dengan nama kode Poslannik, adalah pengebom strategis siluman generasi berikutnya yang dikembangkan oleh Tupolev untuk cabang Penerbangan Jarak Jauh Angkatan Udara Rusia. PAK DA singkatan dari Prospective Aviation Complex for Long-Range Aviation.

Gagasan Rusia membangun pengebom PAK DA adalah untuk memperpanjang jarak terbang dan daya tahan, bukan kecepatan. Pengebom masa depan akan mampu mengurangi deteksi radar. Dengan mesin Izdelie memungkinkan pilot PAK DA melakukan penetrasi dan kecepatan yang tinggi untuk mendekati wilayah musuh.



Pengebom PAK DA pada akhirnya menggantikan Tupolev Tu-95 Bear yang lebih tua dalam layanan Angkatan Udara Rusia. Termasuk pengebom lainnya buatan Biro Desain Tupolev dari RuAF, yaitu Tu-160 Blackjack dan Tu-22M.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2123 seconds (0.1#10.140)