5 Teori Konspirasi Paling Aneh di Dunia, Nomor 4 Sempat Bikin Gempar

Rabu, 02 November 2022 - 14:40 WIB
loading...
5 Teori Konspirasi Paling Aneh di Dunia, Nomor 4 Sempat Bikin Gempar
Terdapat sejumlah konspirasi paling aneh di dunia yang pernah muncul.Salah satunya dipertegas dalam film Moonfall. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Terdapat sejumlah konspirasi paling aneh di dunia yang pernah muncul. Bahkan, sebagian di antaranya sempat membuat heboh para warga masyarakat di penjuru dunia.

Dalam riwayatnya, teori konspirasi selalu muncul dan dibuat seiring zaman. Memang beberapa di antaranya menunjukan bukti yang kuat, bahkan terjadi. Hanya saja, tak jarang juga teori-teori tersebut hanya sebuah kebohongan belaka dan tidak masuk akal.

Baca juga : Teori Konspirasi dan Relaksasi Kelelahan Massa

Dilansir dari laman Popular Mechanics, berikut beberapa teori konspirasi paling aneh di dunia.

1. Keberadaan Bulan Adalah Penipuan

Sebagian orang termasuk Dave Marsh yang diketahui sebagai penganut aliran Bumi Datar menyebut bahwa bulan adalah proyeksi. Menurutnya, dia diletakkan di sana karena sebuah alasan yang tidak pernah diketahui.

Pada kesimpulannya, Marsh mengikuti jejak bulan di langit sebagai pembanding antara temuannya dan catatan resmi. Sayangnya, temuannya berbeda, sehingga dia menganggap bahwa keberadaan bulan adalah penipuan.

Selain itu, Marsh menyebut bahwa bulan juga dijadikan tipuan untuk mengalihkan perhatian masyarakat luas dari keberadaan Nibiru, sebuah planet jahat yang akan menjadi penyebab kiamat.

2. Bandara Denver Markas Illuminati

Ahli teori konspirasi berpandangan bahwa Bandara Internasional Denver (DIA) sebagai pusat anggota Illuminati yang menjalankan pemerintahan dan mengatur dunia.

Selain itu, beberapa juga percaya bahwa bandara ini menjadi markas Illuminati. Sedangkan sebagian lain juga beranggapan bahwa bandara tersebut merupakan portal yang menghubungkan gerbang neraka.

Munculnya teori tersebut didasarkan pada keberadaan mural aneh di dinding bandara yang menggambarkan Nazi dan plakat bertuliskan New World Airport Commission (Organisasi yang tidak ada).

3. Putri Duyung Berkeliaran di Lautan Terdalam

Keberadaan putri duyung yang berenang di lautan sejatinya sudah menjadi bahan perbincangan sejak dulu. Dalam hal ini, terdapat sebuah konspirasi yang menyebut pemerintah dunia merahasiakan mereka.

Pada tahun 2012, Discovery Channel merilis Mockumentary berjudul ‘Mermaids: The Body Found’ yang memicu berbagai reaksi di sosial media. Namun, tak berselang lama terbongkar juga bahwa Ilmuwan terkait ternyata hanya aktor yang dibayar.

Sayangnya, hal ini ternyata tak menyurutkan para pembuat konspirasi untuk menemukan mitos makhluk penghuni laut ini. Bahkan sampai saat ini, sebagian pengguna sosial media seperti TikTok terus membagikan teori yang mereka yakini tentang keberadaan putri duyung.

Baca juga : Waspadai Provokasi Tolak Rapid Test dan Teori Konspirasi

4. Bumi Berongga

Teori konspirasi tentang bumi tentu sudah cukup banyak dijumpai. Dari sekian banyak yang populer seperti bumi datar, teori bumi berongga juga menjadi salah satu yang sempat menggemparkan.

Menilik riwayatnya, teori ini muncul pada abad ke-17 ketika Edmond Halley yang menyebut bumi berongga karena perubahan magnetisme. Setelahnya, pada tahun 2014 ilmuwan menemukan penampungan air yang sangat banyak di dalam bumi, bahkan melebihi volume air lautan.

Secara tidak langsung, sebagian orang menganggap temuan tersebut memperkuat teori bumi berongga.

5. Manusia Hidup dalam Matriks

Sebagian ahli konspirasi menduga bahwa manusia saat ini hidup dalam simulasi raksasa seperti The Matrix. Dalam pembuktiannya, hal ini didasarkan pada pengalaman orang-orang yang melihat ‘karakter latar’ yang sama dalam rentang waktu lama, di lokasi acak, dan tidak pernah menua.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1560 seconds (0.1#10.140)