China Bikin Senjata Baru Mirip Rudal Kinzhal Rusia, Diluncurkan dari Pesawat Pengebom H-6K

Sabtu, 05 November 2022 - 09:55 WIB
loading...
China Bikin Senjata Baru Mirip Rudal Kinzhal Rusia, Diluncurkan dari Pesawat Pengebom H-6K
China tampaknya berhasil mengembangkan rudal balistik baru yang diluncurkan dari udara, mirip rudal Kinzhal buatan Rusia. Foto/The War Zone
A A A
BEIJING - China tampaknya berhasil mengembangkan rudal balistik baru yang diluncurkan dari udara, mirip rudal Kinzhal buatan Rusia. China kelihatannya berencana untuk melengkapi pesawat pengebom jarak jauh H-6K Xi’an dengan rudal balistik.

Dikutip dari laman The War Zone, Sabtu (5/11/2022), meskipun asal-usulnya belum dikonfirmasi, rudal tersebut terlihat sangat mirip dengan CM-401. Rudal ini sebelumnya dikenal sebagai rudal balistik anti-kapal (ASBM) yang diluncurkan dengan truk atau kapal untuk menghajar target statis di darat.

“Penampilan senjata misterius ini memiliki kesamaan dengan CM-401 ASBM, menunjukkan adaptasi dari rudal yang sama untuk aplikasi peluncuran dari udara. China Aerospace Science and Industry Corporation (CASIC) milik negara secara terbuka meluncurkan CM-401 di Zhuhai pada tahun 2018,” tulis The War Zone.

Baca juga; Rudal Kinzhal yang Bikin Gempar Dunia, Ini Kehebatan Senjata Hipersonik Rusia

Foto-foto awal menunjukkan pesawat pengebom dengan nomor seri H-6K 11097 membawa sepasang rudal baru di tiang tengah bawah sayapnya. Pesawat pengebom H-6K tiba di Bandara sipil Zhuhai Jinwan untuk Airshow Pameran perdagangan China.

Pesawat khusus ini ditugaskan ke Divisi Pengebom ke-8 Komando Teater Selatan (8th Bomber Division of the Southern Theater Command), Angkatan Udara Tentara Pembebasan Rakyat (People’s Liberation Army Air Force /PLAAF). Pesawat pengebom pembawa rudal dari unit ini juga telah mengambil bagian dalam Airshow China edisi sebelumnya.

Rudal ini diperkirakan memiliki diameter maksimum sekitar 2,8 kaki (0,85 meter), sama dengan rudal kuasi-balistik Iskander Rusia, yang juga telah diadaptasi untuk peluncuran udara, seperti Kinzhal. Kinzhal juga sering dikaitkan dengan peran anti-kapal, meskipun ini tampaknya belum ditunjukkan.
China Bikin Senjata Baru Mirip Rudal Kinzhal Rusia, Diluncurkan dari Pesawat Pengebom H-6K


Namun, secara keseluruhan, profil rudal misteri umumnya sesuai dengan perkembangan rudal serupa lainnya di seluruh dunia, termasuk bentuk meruncing atau bi-conic. Perkiraan kasar ukuran rudal baru ini panjang sekitar 23 kaki (7 meter).

Baca juga; Ini Beda Rudal Hipersonik Kinzhal dan Zirkon, Senjata Andalan Rusia

Menurut CASIC, CM-401 dalam aplikasi peluncuran darat dan peluncuran kapal memiliki jangkauan maksimum lebih dari 180 mil (289,6 km). Sedangkan pengebom H-6, memiliki jangkauan 3.700 mil (5954,5 km), meskipun dengan mesinnya yang lebih efisien dapat terbang lebih jauh secara signifikan.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2554 seconds (11.210#12.26)