Rusia Luncurkan Satelit Tundra untuk Deteksi Ancaman Serangan Rudal Balistik

Selasa, 08 November 2022 - 15:39 WIB
loading...
Rusia Luncurkan Satelit Tundra untuk Deteksi Ancaman Serangan Rudal Balistik
Roket Soyuz-2.1b lepas landas dari Plesetsk Cosmodrome membawa satelit Tundra No 6. Foto/Roscosmos
A A A
MOSKOW - Rusia meluncurkan satelit keenam dari sistem peringatan dini generasi berikutnya yang dikenal dengan Tundra dari Situs 43/4 di Plesetsk Cosmodrome. Setelah mencapai orbit, satelit Tundra itu ditetapkan sebagai Kosmos-2563.

Seri satelit Tundra, yang dikenal sebagai satelit Kupol atau Edinaya Kosmicheskaya Sistema (EKS), adalah generasi berikutnya dari satelit peringatan dini Rusia. Satelit ini dirancang untuk menggantikan satelit peringatan dini US-K dan US-KMO dari sistem Oko-1.

Satelit EKS Kupol adalah bagian dari program pengembangan satelit peringatan dini, yang dirancang untuk mengidentifikasi kemungkinan peluncuran rudal balistik. Satelit ini juga dilengkapi radar peringatan dini seperti Voronezh.



“Jaringan peringatan dini ini memberikan pemberitahuan tentang potensi serangan nuklir dan akan memberikan informasi kepada sistem pertahanan untuk melindungi Moskow serta sumber daya pertahanan lainnya. Kemudian menyiapkan serangan balik untuk rudal Rusia lainnya,” tulis nasaspaceflight, Selasa (8/11/2022).
Rusia Luncurkan Satelit Tundra untuk Deteksi Ancaman Serangan Rudal Balistik


Peluncuran Satelit Tundra menggunakan roket Soyuz-2.1b, salah satu dari tiga varian aktif dalam keluarga roket Soyuz. Roket Soyuz-2.1b menggunakan empat pendorong berbahan bakar cair yang mengelilingi inti pusat.

Roket ini menggunakan sistem panduan digital baru, dan tahap ketiga yang dimodifikasi, ditenagai mesin baru, roket mampu mengangkat beban hingga 3.250 kg. Peluncur Soyuz pertama kali diperkenalkan pada tahun 1966, berasal dari roket Vostok, yang didasarkan pada rudal balistik antarbenua R-7.

(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1590 seconds (0.1#10.140)