Bagaimana Cara Ikan Cupang Kawin? Jawabannya Ada di Sini

Jum'at, 11 November 2022 - 17:26 WIB
loading...
Bagaimana Cara Ikan Cupang Kawin? Jawabannya Ada di Sini
Bagaimana Cara Ikan Cupang Kawin? . FOTO/ IST
A A A
JAKARTA - Bagaimana cara ikan cupang kawin menjadi pertanyaan dasar bagi peternak ikan hias tersebut. Ikan yang hidup di perairan dangkal seperti rawa-rawa, kolam, atau sungai yang bergerak lambat.

Cupang jantan adalah ayah yang setia yang membangun sarang gelembung untuk anak-anak mereka dengan mulut mereka dan dengan keras melindungi bayi mereka dari pemangsa.

BACA JUGA - Penyebab Hiu Megalodon Punah, Ini Fakta-faktanya

Cupang adalah hewan karnivora yang, di alam, makan sebagian besar serangga dan larva serangga. Makanan yang hanya terdiri dari akar tanaman dapat membuat mereka tetap hidup untuk sementara waktu, tetapi karena kekurangan nutrisi yang tepat untuk spesies ini, ikan akhirnya menjadi sakit dan mati.

Jangan memberi makan ikan secara berlebihan. Terlalu banyak makanan yang tidak dimakan dan bahan limbah di tangki akuarium dapat membebani mereka, menyebabkan kadar amonia dan nitrit menjadi racun. Jika Anda sudah memiliki cupang atau ikan pendamping lainnya, ingatlah bahwa Anda harus menyediakan makanan sebanyak yang mereka bisa makan dalam waktu sekitar tiga menit.

Sama seperti kita, ikan cupang bersifat diurnal Itu berarti mereka aktif di siang hari dan tidur di malam hari, membutuhkan kegelapan untuk mendapatkan istirahat yang baik. Dengan ruang yang luas dan area persembunyian, cupang betina mungkin dapat hidup dalam kelompok yang damai.

Sementara jantan akan bertarung dengan jantan dan gurami jantan lainnya (spesies yang tampak serupa), mereka mungkin dapat hidup sendiri-sendiri di akuarium “komunitas” yang berisi spesies ikan jinak tertentu lainnya, seperti lele Cory, kuhli loaches, atau guppy. Mereka juga dapat hidup bersama dengan spesies non-ikan, termasuk siput, udang hantu, dan katak.

ikan cupang dapat mengenali pemiliknya. Mereka biasanya berenang dengan penuh semangat ketika melihat pemilik mereka mendekat. Mereka sangat ingin tahu dan akan memeriksa barang-barang baru yang dimasukkan ke dalam tangki mereka, yang dapat membantu mereka tetap terstimulasi secara mental.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai ikan cupang, maka berikut cara mengawini ikan cupang :

- Tempatkan pembagi ke dalam tangki dengan cara yang memisahkan tangki menjadi dua sisi yang berbeda. Sekarang, tempatkan ikan cupang betina di satu sisi. Setengah jam kemudian, atur ikan cupang jantan di sisi lain.

- Ikan jantan akan mencoba menarik perhatian betina dengan meningkatkan warna siripnya. Sekarang, Anda harus mencari balasan dari wanita. Dia akan melakukannya dengan meningkatkan warna siripnya juga.

- Setelah dua puluh empat jam, Anda akan melihat bahwa cupang jantan akan mulai membangun sarang gelembungnya di atas daun almond yang Anda tempatkan sebelumnya.

(MG/Nabilah Rofiqoh Duri)
(wbs)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1596 seconds (11.252#12.26)