Jadi Perdebatan, Ilmuwan Selidiki Patung Yunani Kuno Pegang Laptop

Minggu, 13 November 2022 - 17:29 WIB
loading...
Jadi Perdebatan, Ilmuwan Selidiki Patung Yunani Kuno Pegang Laptop
Sebuah patung Yunani kuno memegang Laptop mengundang perdebatan. FOTO/ IST
A A A
KAIRO - Sebuah patung Yunani kuno menggunakan laptop dengan port USB mengundang perhatian arkeolog. Pasalnya di zaman itu, keberadaan laptop pastilah sangat mustahil.

Patung, yang dikenal sebagai “Kuburan Naiskos Wanita Bertahta dengan Seorang Pelayan”, dipajang di J. Paul Getty Museum di Malibu, California, dan digunakan sebagai penanda pemakaman pada 100 SM.

BACA JUGA - Artefak Indonesia yang Dipamerkan di Luar Negeri

Di patung tersebut, yang tingginya lebih dari 37 inci, seorang wanita terlihat duduk di kursi seperti singgasana ketika seorang pelayan muda membuka sebuah kotak tipis untuk diperiksa.

Menurut sebuah video di saluran YouTube konspirasi, Still Speaking Out, ada anggapan bahwa alasnya terlalu dangkal untuk menjadi kotak perhiasan. “Ini menggambarkan objek menakjubkan yang memiliki kemiripan yang mencolok dengan laptop modern atau perangkat genggam,” klaim video tersebut.

“Ketika saya melihat patung itu, saya tidak bisa tidak memikirkan Oracle of Delphi, yang seharusnya memungkinkan para pendeta untuk terhubung dengan para dewa untuk mengambil informasi lanjutan.”

Menurut teori konspirasi, mata wanita terfokus pada tutup bagian dalam objek, lokasi yang sama dengan monitor laptop.

Itu menarik minat baru-baru ini di media sosial, dan orang-orang terlihat membicarakannya juga. Sementara banyak yang mengira itu bisa menjadi kotak pizza, banyak yang mengatakan itu bisa menjadi kotak kosmetik.

Namun, bioarkeolog Kristina Killgrove dari Forbes baru-baru ini membantah teori tentang gambar memiliki laptop. Dia mengatakan bahwa meskipun mungkin bukan tablet lilin, seniman mungkin masih menginginkannya menjadi kotak perhiasan.

“Tidak sampai orang Romawi menganut realisme, kita mendapatkan penggambaran orang dan benda yang benar-benar realistis,” Killgrove melaporkan.

Mengenai port USB, Killgrove menyebutkan bahwa lubang itu mungkin pernah menampung “kayu atau benda lain yang mudah rusak.”
(wbs)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1881 seconds (10.101#12.26)