Sukses Luncurkan Artemis 1, Debut NASA Terbangkan Roket Terkuat di Dunia

Kamis, 17 November 2022 - 17:04 WIB
loading...
Sukses Luncurkan Artemis 1, Debut NASA Terbangkan Roket Terkuat di Dunia
Keberhasilan meluncurkan misi ke Bulan Artemis 1, menjadi debut NASA menerbangkan roket terkuat di dunia yang disebut Space Launch System (SLS). Foto/NASA/UnitedLaunchAlliance
A A A
FLORIDA - Keberhasilan meluncurkan misi ke Bulan Artemis 1 , menjadi debut NASA menerbangkan roket terkuat di dunia yang disebut Space Launch System (SLS). Roket SLS sukses mengirimkan kapsul Orion tanpa awak ke Bulan.

NASA menyebutkan, tahap inti SLS dan dua pendorong roket padat (SRB) menghasilkan total daya dorong 8,8 juta pon selama peluncuran Rabu 16 November 2022. Sebagai perbandingan, 27 mesin Merlin yang menggerakkan tahap pertama Falcon Heavy SpaceX menghasilkan daya dorong sekitar 5 juta pon saat lepas landas.

Jadi Falcon Heavy SpaceX bukan lagi roket terkuat di dunia, setelah Space Launch System (SLS) NASA meluncurkan misi Artemis 1. Memang, SLS bukan hanya roket paling tangguh yang beroperasi saat ini, itu adalah peluncur paling kuat yang pernah menerbangkan sebuah misi.

Baca juga; 9 Jam Setelah Peluncuran, Kapsul Orion Artemis 1 Kirim Gambar Pertama Bumi

Namun, ini cukup untuk melampaui kendaraan pesawat ulang-alik NASA dan roket Saturn V ikonik yang mengirim misi Apollo ke bulan setengah abad yang lalu. Diketahui Saturnus V menghasilkan sekitar 7,5 juta pon daya dorong saat lepas landas.

Pesawat ulang-alik Orion dan SLS adalah kerabat dekat. Tahap inti SLS ditenagai oleh empat mesin utama pesawat ulang-alik dan dua pendorong roket padat (SRB) dibangun dari penguat era pesawat ulang-alik.

Roket bulan N1 Uni Soviet, versi dari Saturn V, menghasilkan daya dorong sekitar 10 juta pon, tetapi kendaraan itu hanya diluncurkan dalam empat misi semasa hidupnya yang singkat, semuanya gagal.

Namun, rekor SLS kemungkinan juga akan berumur pendek. Sebab, SpaceX sedang mengembangkan kendaraan baru yang sangat besar bernama Starship, yang dirancang untuk membawa orang (astronot) dan kargo ke bulan, Mars, dan tujuan jauh lainnya.

Baca juga; NASA Luncurkan Roket Artemis 1 Malam Hari, Pantai Florida Bakal Terang Benderang

Starship terdiri dari booster tahap pertama yang menjulang tinggi yang disebut Super Heavy dan pesawat ruang angkasa tingkat atas yang disebut Starship. Kedua elemen ini dapat digunakan kembali, dan keduanya ditenagai oleh mesin Raptor generasi mendatang SpaceX, yang jauh lebih bertenaga daripada Merlin.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1033 seconds (10.101#12.26)