Sukses Luncurkan Artemis 1, Debut NASA Terbangkan Roket Terkuat di Dunia

Kamis, 17 November 2022 - 17:04 WIB
loading...
Sukses Luncurkan Artemis 1, Debut NASA Terbangkan Roket Terkuat di Dunia
Keberhasilan meluncurkan misi ke Bulan Artemis 1, menjadi debut NASA menerbangkan roket terkuat di dunia yang disebut Space Launch System (SLS). Foto/NASA/UnitedLaunchAlliance
A A A
FLORIDA - Keberhasilan meluncurkan misi ke Bulan Artemis 1 , menjadi debut NASA menerbangkan roket terkuat di dunia yang disebut Space Launch System (SLS). Roket SLS sukses mengirimkan kapsul Orion tanpa awak ke Bulan.

NASA menyebutkan, tahap inti SLS dan dua pendorong roket padat (SRB) menghasilkan total daya dorong 8,8 juta pon selama peluncuran Rabu 16 November 2022. Sebagai perbandingan, 27 mesin Merlin yang menggerakkan tahap pertama Falcon Heavy SpaceX menghasilkan daya dorong sekitar 5 juta pon saat lepas landas.

Jadi Falcon Heavy SpaceX bukan lagi roket terkuat di dunia, setelah Space Launch System (SLS) NASA meluncurkan misi Artemis 1. Memang, SLS bukan hanya roket paling tangguh yang beroperasi saat ini, itu adalah peluncur paling kuat yang pernah menerbangkan sebuah misi.



Namun, ini cukup untuk melampaui kendaraan pesawat ulang-alik NASA dan roket Saturn V ikonik yang mengirim misi Apollo ke bulan setengah abad yang lalu. Diketahui Saturnus V menghasilkan sekitar 7,5 juta pon daya dorong saat lepas landas.

Pesawat ulang-alik Orion dan SLS adalah kerabat dekat. Tahap inti SLS ditenagai oleh empat mesin utama pesawat ulang-alik dan dua pendorong roket padat (SRB) dibangun dari penguat era pesawat ulang-alik.

Roket bulan N1 Uni Soviet, versi dari Saturn V, menghasilkan daya dorong sekitar 10 juta pon, tetapi kendaraan itu hanya diluncurkan dalam empat misi semasa hidupnya yang singkat, semuanya gagal.

Namun, rekor SLS kemungkinan juga akan berumur pendek. Sebab, SpaceX sedang mengembangkan kendaraan baru yang sangat besar bernama Starship, yang dirancang untuk membawa orang (astronot) dan kargo ke bulan, Mars, dan tujuan jauh lainnya.



Starship terdiri dari booster tahap pertama yang menjulang tinggi yang disebut Super Heavy dan pesawat ruang angkasa tingkat atas yang disebut Starship. Kedua elemen ini dapat digunakan kembali, dan keduanya ditenagai oleh mesin Raptor generasi mendatang SpaceX, yang jauh lebih bertenaga daripada Merlin.

Starship akan menggunakan enam Raptor dan Super Heavy akan menampilkan 33. Penguat raksasa akan menghasilkan daya dorong 16 juta pon saat lepas landas. Jika terwujud, menjadikannya roket paling kuat yang pernah meninggalkan Bumi.

Dan itu bisa segera terjadi, karena SpaceX sedang bersiap untuk penerbangan uji orbit Starship pertama, yang akan menggunakan prototipe yang disebut Booster 7 dan Ship 24. Perusahaan telah menguji keenam Raptor Kapal 24 secara bersamaan, dan sedang menaiki tangga mesin dengan Booster 7 juga.
Sukses Luncurkan Artemis 1, Debut NASA Terbangkan Roket Terkuat di Dunia


Pada hari Senin 14 November 2022, misalnya, perusahaan menguji coba 14 Raptor Booster 7 selama uji coba di fasilitas Starbase di Texas Selatan. Jadi, jika semua berjalan sesuai rencana, dua roket paling kuat yang pernah terbang dan berhasil akan segera bekerja menuju tujuan yang sama, mengirimkan manusia ke bulan.



Program Artemis NASA telah menjadikan Starship sebagai pendarat berawak pertamanya. Program ini mengandalkan kendaraan SpaceX untuk menempatkan astronot di dekat kutub selatan bulan pada misi Artemis 3 dan Artemis 4 pada tahun 2025 dan 2027.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1697 seconds (0.1#10.140)